Pemilik Warung dan PKL Akan Dapat Bansos Tunai Rp 1,2 Juta

Abdul Azis Said
26 Juli 2021, 11:57
bansos, bansos tunai, blt tunai, bantuan sosial, warung dapat bansos, PPKM level 4
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.
Pemerintah menambah anggaran bantuan sosial untuk membantu masyarakat yang terdampak penerapan PPKM level 4.

Pemerintah menambah anggaran bantuan sosial untuk masyarakat selama perpanjangan PPKM Level 4. Bantuan antara lain diberikan dalam bentuk bantuan tunai kepada pemilik warung dan pedagang kaki lima (PKL) yang akan dibagikan melalui TNI dan Polri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, skema bantuan ini sama dengan bantuan produktif usaha mikro (BPUM)  yang akan dibagikan kepada 1 juta penerima dengan besaran Rp 1,2 juta. 

"Ini diharapkan dapat membantu masyarakat, terutama di wilayah-wilayah level 4," kata Menteri Perekonomian Airlanggar Hartarto dalam konferensi pers pada Minggu (25/7).

Bantuan bagi pelaku usaha juga akan digelontorkan bagi pemilik ruko di pusat perbelanjaan. Bantuan diberikan dalam bentuk pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) sewa toko yang akan diberikan untuk masa pajak Juni hingga Agustus 2021.

Airlangga menyebut regulasi terkait bantuan ini sedang dipersiapkan oleh pemerintah bersamaan dengan bantuan yang akan diberikan kepada pelaku usaha di sektor pariwisata.

Selain insentif yang diberikan kepada pelaku usaha, pemerintah juga akan memberikan bantuan beras Bulog dengan besaran 10 Kg untuk masing-masing keluarga. Bantuan ini menargetkan 28,8 juta keluarga, tahap pertama akan disalurkan kepada 20 juta keluarga dan tahap kedua kepada 8,8 juta keluarga.

Insentif lainnya yang juga diberikan selama perpanjangan PPKM Level 4 yaitu tambahan bantuan kartu sembako sebesar Rp 200 ribu untuk dua bulan. Jumlah penerima manfaat bantuan ini sebanyak 18,8 juta keluarga.

Ada juga kartu sembako PPKM kepada 5,9 juta keluarga yang merupakan usulan daerah. Besarannya juga sama yakni Rp 200 ribu per bulan yang dibayarkan selama 6 bulan atau hingga akhir tahun.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...