Fitur Baru QRIS, Bisa Transfer, Tarik dan Setor Tunai Mulai Agustus

Abdul Azis Said
22 Juni 2023, 18:34
Pembeli membayar menggunakan QRIS pada pameran Galuh Digital Fest di Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (10/6/2023).
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/rwa.
Pembeli membayar menggunakan QRIS pada pameran Galuh Digital Fest di Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (10/6/2023).

Bank Indonesia atau BI menyiapkan QR berstandar Indonesia atau QRIS untuk transfer, tarik dan setor tunai mulai Agustus mendatang. BI sudah menguji coba fitur ini sejak dua tahun terakhir.

Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta menyatakan uji coba dimulai sejak 2021. Terdapat 16 perusahaan penyedia layanan keuangan yang ikut serta sebagai peserta untuk implementasi layanan transfer, tarik dan setor tunai QRIS.

Advertisement

"Piloting sejak 2021 kemudian 2022 sudah soft launching di Bali, mudah-mudahan grand launching bisa pada Agustus sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Indonesia," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/6).

Fili menyebut layanan baru ini akan diberi nama QRIS TUNTAS, yang merupakan singkatan tarik tunai, transfer dan setor tunai.

Layanan ini akan memberi tiga manfaat di antaranya:

  •  optimalisasi source of fund, sehingga sumber dana yang digunakan lebih beragam bukan hanya dari simpanan tetapi juga menggunakan uang elektronik
  • meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas, karena tiga fitur baru itu akan bisa dilakukan antarbank, antarnon-bank, mapun bank kepada non-bank
  • inklusi keuangan karena tarik, transfer dan setor tunai bisa dilakukan di wilayah 3T, terluar, terdepan dan terpencil

Berikut penjelasan ketiga fitur baru yang akan hadir di QRIS:

1. QRIS Transfer

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi transfer dana ke antar pengguna QRIS lainnya dengan menggunakan QR code, baik antar Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) bank maupun PJP bank dan nonbank.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement