BI Fast Sempat Eror Sepanjang Hari, Ini Penjelasan Bank Indonesia
Layanan transfer antar bank BI Fast mengalami gangguan sepanjang hari, sejak pukul 09.00 WIB pada Rabu (1/11) pagi hingga 02.00 WIB dini hari ini, Kamis (2/11).
Ketika ingin melakukan transfer antar bank, para konsumen mengeluhkan transaksi tidak dapat diproses oleh sistem. Ketika hendak memasukkan PIN untuk melakukan transfer, muncul pesan 'sedang dilakukan pemeliharaan sistem'.
“BI Fast kenapa eror terus?” tulis akun @nzrysha dalam media sosial X yang sebelumnya dikenal dengan nama Twitter.
“Kenapa BI Fast BCA tidak bisa sih dari tadi,” tulis akun @Chovindas dalam media sosial X.
Menanggapi sejumlah keluhan, Bank Indonesia (BI) memberikan penjelasan bahwa BI dan bank terkait telah melakukan penanganan untuk memastikan transaksi menggunakan BI-FAST kembali berjalan lancar.
“Sehubungan dengan kendala transaksi menggunakan BI-FAST, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. BI sebagai Bank Sentral senantiasa berupaya menyediakan infrastruktur sistem pembayaran yang aman dan handal,” tulis BI melalui akun media sosial X, @Bank_Indonesia.
Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono juga menjelaskan bahwa gangguan pada layanan BI Fast terjadi karena adanya kendala dalam teknis.
“Iya, kemaren itu dalam beberapa saat memang ada kendala teknis dalam communication route, tapi sudah kembali normal,” kata Erwin kepada Katadata.co.id, Kamis (2/11).
Pada siang hari ini, pukul 13.00, Katadata mencoba untuk menggunakan BI Fast melalui layanan m-banking Bank Central Asia (BCA) dan transaksi berhasil.