Tokoh Animasi dan Sederet Keunikan Pilkada Serentak 2018

Penulis: Arief Kamaludin

Editor: Muchamad Nafi

28 Juni 201814 Foto

Beragam cara dilakukan petugas TPS untuk mengajak masyarakat berbondong-bondong ke bilik suara.

Pesta demokrasi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 telah digelar di 171 daerah: 39 kota, 115 kabupaten, dan 17  provinsi. Beragam cara dilakukan oleh petugas tempat pemungutan suara (TPS) untuk mengajak masyarakat berbondong-bondong ke bilik suara. (Baca: Hasil Hitung Cepat, Lumbung Suara di Jawa Diamankan Pendukung Jokowi).

Di antara petugas ada yang memakai kostum para tokoh animasi, mulai dari pewayangan hingga setan dan pocong. Antusiasme juga diperlihatkan sejumlah pemilih yang mengekspresikannya dengan memakai kostum cosplay superhero. Fotografer Antara mengabadikan peristiwa semarak tersebut dari berbagai daerah.

Setelah pemilihan kemarinKomisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthawi mengatakan rekapitulasi perolehan suara untuk pemilihan tingkat kabupaten dan kota dilakukan mulai 4 hingga 6 Juli 2018. Sedangkan untuk tingkat provinsi dilaksanakan pada 7 sampai 9 Juli.

Tanthawi meminta para pendukung pasangan calon kepala daerah yang bersaing dapat menerima  hasil perolehan suara. Jika merasa keberatan dengan hasil tersebut, mereka bisa menempuh jalur pelaporan pelanggaran ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atau menggugatnya ke Mahkamah Konstitusi setelah rekapitulasi perolehan suara selesai.

 

 

 

 

Selengkapnya
Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif

Warga menunjukkan bibit pohon yang diperoleh usai menggunakan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Kelurahan Kaliwungu, Jombang, Jawa Timur, Rabu (27/6). Panitia KPPS selain menghias TPS dengan aneka botol plastik juga memberi bibit pohon untuk menarik warga agar menggunakan hak pilih pada Pilgub Jatim dan Pilbup Jombang 2018, juga mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan dengan mengurangi sampah plastik.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya

Panitia Pemungutan Suara (PPS) memakai seragam pelajar Sekolah Dasar (SD) saat bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 16, Gandekan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (27/6). Petugas PPS di TPS 16 memilih seragam SD sebagai simbol kejujuran sehingga diharapkan warga Jawa Tengah mendapat pemimpin yang jujur dan amanah.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Darwin Fatir

Pengendara melintas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 16 bernuansa unik demam piala dunia 2018 di Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (27/6). Dalam PIlkada kali ini, pasangan calon Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) melawan kolom kosong. Rupanya, mayoritas pemilih mencoblos kolom kosong.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Sejumlah warga memotong rambutnya di Master Baber Shop, Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/6). Penggelola tempat pangkas rambut ini memberikan harga spesial Rp 25.000 -harga normal Rp 35.000- pada warga yang menyalurkan hak pilihnya dengan memperlihatkan jari bertinta sebagai bukti mengikuti Pilkada Walikota Padang periode 2019-2024.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Warga mengenakan kostum tokoh superhero menggunakan hak pilih saat pemungutan suara Pilgub Jawa Tengah di desa Larangan, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (27/6). Pilgub Jawa Tengah diikuti dua pasangan Cagub-Cawagub, Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 27.068.500 pemilih.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Petugas KPPS menjemput warga untuk menggunakan hak pilih menggunakan mobil "odong-odong" di Kampung Karnaval Pilkada di Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Rabu (27/6). Sebanyak 5 TPS mengusung tema karnaval disertai dengan pengobatan gratis dan penjemputan pemilih untuk menarik animo warga menggunakan hak pillihnya pada Pilgub Jawa Barat 2018.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Seno

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berkostum "Mahabarata" dalam Pilkada Gubernur di TPS 14, Desa Sidomekar, Semboro, Jember, Jawa Timur, Rabu (27/6). Petugas berinisiatif menggunakan riasan dan kostum Mahabarata agar warga tertarik untuk mencoblos dalam Pilkada Gubernur 2018.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Warga menunggu giliran untuk melakukan pencoblosan pada Pilkada Serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB di TPS 015 Lingkungan Peresak Tempit, Kelurahan Ampenan Tengah, Mataram, NTB, Rabu (27/6). Masyarakat NTB melakukan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB , Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat dan Lombok Timur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bima 2018.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya

Panitia Pemungutan Suara (PPS) berbusana tokoh pewayangan saat bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 6, Losari, Semanggi, Solo, Jawa Tengah, Rabu (27/6). Selain untuk menarik partisipasi warga dalam Pilkada Jawa Tengah 2018, Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat berkostum wayang untuk melestarikan seni dan budaya Indonesia.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang mengenakan kostum kesenian tradisional Dongkrek membantu warga mencelupkan jari ke tinta di TPS 5 Desa Jetis, Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Rabu (27/6). Petugas di TPS itu mengenakan busana dan menampilkan tarian Dongkrek untuk menarik minat warga agar menyalurkan hak suaranya sekaligus melestarikan kesenian tradisional tersebut.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Petugas dengan pakaian Tionghoa membantu warga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara di TPS 04 Kecamatan Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/6). TPS yang bernuansakan Tionghoa tersebut untuk menarik partisipasi 312 warga daftar pemilih tetap yang ada di TPS tersebut untuk memilih pemimpin di Kota Bandung serta Provinsi Jawa Barat.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan baju chef melayani pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04, Merjosari, Malang, Jawa Timur, Rabu (27/6). Anggota KPPS setempat yang sebagian besar adalah pedagang makanan, menghias TPS dengan peralatan dapur untuk menarik minat para pemilih.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Warga menggunakan hak suara pada Pilkada Kota Tangerang 2018 di TPS 29 yang bertema Piala Dunia 2018, di Tangerang, Banten, Rabu (27/6). Pilkada Kota Tangerang diikuti hanya satu pasangan calon yaitu Arief R Wismansyah dan Sachrudin yang merupakan petahana.

Pilkada Serentak 2018
Foto: ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Dua petugas KPPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah mengenakan busana hantu di tempat pemungutan suara (TPS) 7, Kelurahan Randusari, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/6). Pilgub Jateng diikuti dua pasangan cagub-cawagub, Ganjar Pranowo-Taj Yasin nomor urut 1 dan Sudirman Said-Ida Fauziyah nomor urut 2 dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 27.068.500 pemilih.