Pilkada Serentak 2018 Show
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Image title
28 Juni 2018, 06:14

Tokoh Animasi dan Sederet Keunikan Pilkada Serentak 2018

Pesta demokrasi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 telah digelar di 171 daerah: 39 kota, 115 kabupaten, dan 17  provinsi. Beragam cara dilakukan oleh petugas tempat pemungutan suara (TPS) untuk mengajak masyarakat berbondong-bondong ke bilik suara. (Baca: Hasil Hitung Cepat, Lumbung Suara di Jawa Diamankan Pendukung Jokowi).

Di antara petugas ada yang memakai kostum para tokoh animasi, mulai dari pewayangan hingga setan dan pocong. Antusiasme juga diperlihatkan sejumlah pemilih yang mengekspresikannya dengan memakai kostum cosplay superhero. Fotografer Antara mengabadikan peristiwa semarak tersebut dari berbagai daerah.

Setelah pemilihan kemarinKomisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthawi mengatakan rekapitulasi perolehan suara untuk pemilihan tingkat kabupaten dan kota dilakukan mulai 4 hingga 6 Juli 2018. Sedangkan untuk tingkat provinsi dilaksanakan pada 7 sampai 9 Juli.

Tanthawi meminta para pendukung pasangan calon kepala daerah yang bersaing dapat menerima  hasil perolehan suara. Jika merasa keberatan dengan hasil tersebut, mereka bisa menempuh jalur pelaporan pelanggaran ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atau menggugatnya ke Mahkamah Konstitusi setelah rekapitulasi perolehan suara selesai.

    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami