Mekaki Marathon 2018 Show
Arief Kamaludin | KATADATA
Image title
29 Oktober 2018, 08:53

Berlari untuk Membangkitkan Lombok Pasca Bencana

Setelah sempat tertunda sebanyak dua kali, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), akhirnya kembali menggelar lomba lari tahunan, Blibli Mekaki Marathon 2018, Minggu (28/10). Lomba lari yang kedua kalinya ini bertujuan untuk memajukan pariwisata Lombok dan Nusa Tenggara Barat, khususnya pasca bencana gempa pada Juli-Agustus lalu. 

Sebanyak sekitar 1.500 orang dari berbagai daerah berlari menyusuri jalan di dekat Pantai Mekaki, Sekotong, Lombok Barat. Berbeda dengan lomba lari atau maraton pada umumnya, medan Mekaki Marathon sangat menantang bagi para pelajari karena jalannya menanjak menuju Bukit Simba sepanjang lebih 500 meter, lalu melintasi perkampungan adat Bali di Desa Pelangan, Lobar.

Hajatan lari yang juga diikuti oleh beberapa artis nasional seperti Wulan Guritno, Ben Joshua, dan Fajar Alexa ini terbagi atas dua tipe, yaitu 5 kilometer dan 10 kilometer. “Tanjakannya lumayan banget, tapi seru. Karena tidak cuma menanjak, ada jalan menurun lumayan panjang, melawati kampung-kampung,” kata Wulan.

Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid --yang turut berlari bersama peserta Mekaki Marathon-- mengatakan, kegiatan ini sekaligus membuktikan kebangkitan pariwisata di Lombok. “Kami sudah bangkit dari keterpurukan akibat gempa bumi."

Di tempat yang sama, Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyatakan dukungannya untuk mengembangkan dan memajukan potensi pariwisata di Mekaki, Sekotong. Ia pun berharap event-event seperti ini harus ditingkatkan untuk memperkenalkan keindahan kawasan wisata di Lombok.

Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami