Foto: Lesu Konsumen di Toko-toko Pusat Handphone

Penulis: Ajeng Dinar Ulfiana

Editor: Muchamad Nafi

18/11/2019, 06.15 WIB10 Foto

Sebagian konsumen yang biasanya berburu handphone di toko-toko offline bergeser ke transaski penjualan elektronik di e-commerce.

Sejumlah periset pasar menyebutkan bahwa penjualan telepon seluler meningkat pada semester pertama tahun ini. Counterpoint Market Monitor, misalnya, melaporkan angka penjualan handphone segmen menengah di Indonesia khusus pada kuartal kedua 2019 tumbuh enam persen secara tahunan.

Vendor-vendor asal Cina paling besar meraih kue pertumbuhan tersebut. Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Realme menguasai 55 persen pasar. Menurut analis Counterpoint Parv Sharma, pertumbuhan ini terutama didorong oleh promosi besar-besaran selama Ramadan lalu untuk penjualan secara online maupun offline.

(Baca: Aturan IMEI Berlaku, 17 Agustus Indonesia Merdeka dari Ponsel Ilegal)

Namun usai Ramadan, penjualan handphone melesu. Setidaknya hal tersebut terjadi dalam penjualan toko-toko offline. Pusat perbelanjaan khusus ponsel atau mal yang menyediakan toko handphone terlihat makin sepi.

Senin pekan lalu suasana lengang nampak ketika Katadata.co.id menyambangi ITC Roxy Mas, Jakarta. Di deretan toko handphone berbagai lantai tersebut hanya sedikit konsumen yang berlalu lalang. Kini sebagian masyarakat yang biasanya berburu telepon seluler di toko-toko offline bergeser ke transaski penjualan elektronik di e-commerce.

Selengkapnya
Penjualan Handphone
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Suasana penjualan handphone di ITC Roxy Mas, Jakarta (11/11/2019).

Penjualan Handphone
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Suasana penjualan handphone di Roxy Square, Jakarta (11/11/2019).

Penjualan Handphone
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Suasana penjualan handphone di Roxy Square, Jakarta (11/11/2019).

Penjualan Handphone
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Suasana penjualan handphone di Roxy Square, Jakarta (11/11/2019).

Penjualan Handphone
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Suasana penjualan offline handphone yang beralih menjadi penjualan online di Roxy Square, Jakarta (11/11/2019).

Penjualan Handphone
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Suasana penjualan handphone di ITC Roxy Mas, Jakarta (11/11/2019). Periset pasar kembali mengungkap lesunya penjualan smartphone pada kuartal II-2019. Penurunannya mencapai 1,7 persen secara year over year atau secara jumlah unit, menurun dari angka 374 juta menjadi 368 juta.

Penjualan Handphone
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Penjualan handphone bekas di ITC Roxy Mas, Jakarta (11/11/2019).

Penjualan Handphone
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Suasana penjualan handphone di ITC Roxy Mas, Jakarta (11/11/2019).

Penjualan Handphone
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Suasana penjualan handphone di ITC Roxy Mas, Jakarta (11/11/2019). Periset pasar kembali mengungkap lesunya penjualan smartphone pada kuartal II-2019. Penurunannya mencapai 1,7 persen secara year over year atau secara jumlah unit, menurun dari angka 374 juta menjadi 368 juta.

Penjualan Handphone
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Suasana penjualan handphone di ITC Roxy Mas, Jakarta (11/11/2019). Periset pasar kembali mengungkap lesunya penjualan smartphone pada kuartal II-2019. Penurunannya mencapai 1,7 persen secara year over year atau secara jumlah unit, menurun dari angka 374 juta menjadi 368 juta.