Swab Test Masal di Stasiun KRL Bojong Gede Show
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Image title
13 Mei 2020, 12:00

Foto: Swab Test Masal di Stasiun Bojong Gede

Guna mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di pusat keramaian di wilayah Bogor, Jawa Barat, swab test dan rapid test massal digelar di dua lokasi berbeda yakni Stasiun Bojong Gede dan Pasar Bogor, Jawa Barat

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, di Stasiun Bojong Gede tak hanya dilakukan tes massal berupa rapid test, tapi juga Polymerase Chain Reaction (PCR) swab test guna melihat sekaligus memetakan pergerakan orang.

"Karena pergerakan orang tidak hanya di satu wilayah, tapi dari beberapa wilayah, jadi tadi ada yang di rapid test. Hasilnya positif atau reaktif disuruh tinggal untuk menjalani swab test. Sedangkan yang negatif atau nonreaktif dipersilakan jalan," ujar Ade di Stasiun Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tes massal kali ini hanya menjaring 200 penumpang KRL Commuter Line asal Bojong Gede yang hendak bekerja ke Jakarta. "100 orang rapid test, 100 swab test di dua pintu masuk. Hasilnya ada satu hasil positif rapid test lalu ditahan di sini buat di swab, jadi tidak boleh kemana- mana," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Bogor juga akan kembali melakukan tes massal Covid-19 di sejumlah pusat keramaian dan perusahaan atau pabrik yang masih beroperasi.

Editor: Donang Wahyu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami