Sukarela Jalani Isolasi Mandiri Demi Keluarga Show
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Image title
Oleh
27 Mei 2020, 08:42

Sukarela Jalani Isolasi Mandiri Demi Keluarga

Wiranto, pria 45 tahun warga Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, yang sehari-hari berprofesi sebagai kernet dengan inisiatif sendiri melakukan isolasi mandiri di sebuah lapangan dekat rumahnya.

Pilihan untuk melakukan isolasi mandiri tersebut dia lakukan setelah kepulangannya dari Bali, dan berdasarkan hasil rapid tes yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten batang.

Keputusan Wiranto untuk melakukan isolasi mandiri segera disampaikan kepada keluarga dan tetangganya. Warga pun bergotong royong membuatkan sebuah gubuk berukuran 2 x 2 meter yang terbuat dari kayu dan beratapkan terpal di Lapangan Tazakka, Bandar, yang tak jauh dari rumahnya agar kebutuhan sehari-hari masih dapat dipenuhi oleh keluarga dan warga sekitar.

Alasan terkuat Wiranto memilih isolasi mandiri seorang diri di gubuk yaitu agar keluarga dan orang-orang terdekatnya tidak ikut terpapar virus seperti dirinya.

"Saya sangat bersyukur tidak dikucilkan. Bahkan keluarga dan tetangga sangat mendukung isolasi mandiri ini. Banyak dari mereka memberi semangat, juga mengantar makanan kepada saya," kata Wiranto.

Setiap pagi sekitar pukul 10.00, Wiranto berjemur di bawah teriknya sinar matahari. Peregangan dan olahraga ringan juga dilakukannya untuk menjaga imunitas. Diakuinya, ia tidak merasakan gejala dan keluhan klinis apapun seperti demam, batuk dan tenggorokan panas.

Selama berada di gubuk, dirinya lebih banyak beristirahat dan menikmati suasana alam. Sesekali Wiranto melakukan bersih-bersih di sekitar lingkungan gubuk. Tak ketinggalan pula untuk mencuci pakaiannya sendiri di aliran sungai kecil dekat gubuk.

Anjuran untuk menjaga jarak saat bertemu keluarga dan tetangga yang menjenguk tetap diterapkan. Masker menjadi kebutuhan utama agar virus tidak berpindah tubuh. Saat sanak saudara mengantarkan makanan, cukup diletakkan di satu titik yang disepakati bersama.

Rutinitas seperti ini dilakukan selama masa karantina mandiri sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan sambil menunggu hasil tes swab yang menunjukkan dirinya telah terbebas dari virus Corona.

Editor: Donang Wahyu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami