Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Jokowi Minta Warga Kembali Lebih Awal

Gabriel Wahyu Titiyoga
3 Mei 2022, 17:23
lebaran, arus mudik, arus balik, jokowi
ANTARA FOTO/Syaiful Arief/nym.
Sejumlah kendaraan antre di gerbang Bandar Kedungmulyo Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), Jombang, Jawa Timur, Selasa (3/5/2022). Kemacetan terjadi hampir sepanjang 1,5 kilometer dari gerbang tol tersebut karena adanya peningkatan jumlah kendaraan dari jalur arteri dari simpang empat Mengkreng, Kediri maupun arah Jombang yang hendak melakukan silaturahim pada hari kedua Idul Fitri 1443 H.

Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah memprediksi puncak arus balik Lebaran akan berlangsung pada 6-8 Mei 2022. Jokowi pun mengimbau masyarakat agar lebih awal kembali dari kampung halaman ke tempatnya masing-masing untuk bekerja atau beraktivitas lainnya.

Jokowi mengajak para pemudik yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal untuk menghindari kepadatan arus balik dan lebih nyaman dalam perjalanan. "Atau kembali setelah puncak arus balik," ujarnya dalam siaran video dari Sekretariat Presiden, Selasa (3/5).

Presiden juga mengatakan agar masyarakat bisa menyesuaikan perjalanan kembali dengan jadwal masuk dari tempat kerja masing-masing. 'Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," katanya.

Pemerintah telah menyiapkan aturan perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan dan agar masyarakat tetap nyaman. "Kebijakan ganjil-genap, aturan satu arah atau one way, dan larangan truk masuk ke jalan tol akan tetap diberlakukan," ujarnya.

Jokowi dan keluarganya merayakan Lebaran di Yogyakarta. Mereka tiba di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Kota Yogyakarta, pada 30 April lalu. Setelah mengikuti salat Id di Gedung Agung pada pada 2 Mei, Jokowi bertemu Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan menjamu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Ini adalah kali ketiga bagi presiden tidak merayakan Lebaran di kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

Sebelumnya, Jokowi juga sudah mengimbau masyarakat yang mudik ke kampung halaman agar melakukan perjalanan balik ke tempat masing-masing lebih awal. Dia bahkan meminta masyarakat tidak menempuh perhalanan balik pada Sabtu atau Minggu pekan ini.

Pemerintah memperkirakan ada 85,5 juta masyarakat yang menggunakan berbagai moda transportasi, termasuk 23 juta mobil dan 17 sepeda motor, untuk mudik pada Lebaran kali ini.

"Jumlah yang betul-betul banyak sekali, sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal, jangan semuanya nanti kembali arus baliknya di hari Sabtu dan hari Minggu. Pasti akan terjadi titik-titik kemacetan," kata Jokowi saat bersilaturahmi dengan Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Keraton Yogyakarta, Senin (2/5).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...