Satelit Merah Putih Andalan Terbaru Telkom

Fitria Nurhayati
11 Agustus 2018, 08:38

Pada 7 Agustus 2018, Indonesia berhasil meluncurkan Satelit Merah Putih menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX dari Cape Canaveral, Florida, AS. Prediksi waktu, roket dengan bobot 580 ton akan sampai di orbit 108 derajat BT di atas Selat Karimata, Kalimantan Barat, pada 18 Agustus dan mulai beroperasi pada 16 September 2018. Satelit Merah Putih menggantikan Satelit Telkom 1 yang sudah masuk masa habis pasang setelah 18 tahun bekerja dan akan memperkuat Telkom 2 dan Telkom 3S.

Satelit Merah Putih membawa 60 transponder dengan 36 transponder untuk kepentingan lokal Indonesia dan 24 lainnya untuk ekspansi bisnis ke Asia Selatan, mendukung bisnis internasional Telkom. Satelit Merah Putih memiliki waktu aktif minimal 16 tahun. Namun Telkom telah menyiapkan bahan bakar untuk 20 tahun masa orbit.  Satelit Merah Putih adalah satelit ke-10 yang diluncurkan oleh Telkom.

Bergabungnya Satelit Merah Putih bersama dengan Satelit Telkom 2 dan Telkom S3 diharapkan membuat daya layanan Telkom mencapai 100 persen. Dengan demikian, Telkom mengambil peranan penting dalam telekomunikasi Indonesia dan mungkin juga regional.  

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami