Infrastruktur Transportasi Indonesia Terbaik Ketiga di ASEAN

Oleh Widya Nandini, 8 Oktober 2018

Peringkat infrastruktur transportasi Indonesia mengalami perbaikan.

Infrastruktur transportasi terbaik ketiga asean revisi
Unduh Infografik
Share

Salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2018 di Bali adalah persoalan infrastruktur. Di bidang transportasi, upaya pemerintah mengembangkan infrastruktur mengerek peringkat Indonesia di kancah global.

Berdasarkan kajian World Economic Forum (WEF), peringkat infrastruktur transportasi Indonesia naik dari posisi 36 ke 30, sementara di antara anggota ASEAN berada di urutan ketiga. Adapun peringkat terbaik dipegang Singapura. Negara ini memang terkenal dengan sistem transportasi umum yang bisa memudahkan kehidupan masyarakat. Menyusul di posisi kedua adalah Malaysia yang secara global memiliki peringkat 14.

(Baca : Menhub Klaim Infrastruktur Transportasi Kurangi Disparitas Harga 40%)

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam tiga tahun terakhir pemerintah membangun infrastruktur transportasi di berbagai daerah terpencil, terluar, dan terdepan. Contohnya pembangunan dermaga di bagian timur Sumatera dan bagian barat Kalimantan, pelabuhan di bagian utara Sulawasi dan Kalimantan, serta bandara dan kapal ternak di Papua.