Kementerian KKP Keluhkan Milenial Tak Tertarik Bidang Perikanan

Agatha Olivia Victoria
12 Oktober 2019, 15:27
kementerian kkp, perikanan, milenial
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ilustrasi hasil perikanan. Kementerian KKP mengatakan bahwa generasi milenial saat ini tidak tertarik untuk terjun ke dunia perikanan karena menganggap pemasok perikanan kumuh dan hanya tengkulak biasa.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak para milenial untuk menjadi supplier di bidang perikanan. Ini mengingat potensi kelautan Indonesia yang sangat besar. Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) KKP Sjarief Widjaja mengatakan hal tersebut merupakan salah satu instruksi presiden.

"Bayangkan saja Indonesia punya 3.312 spesies ikan. Dunia perikanan ini harus bisa diminati anak muda," kata Sjarief dalam acara Lomba dan Lokakarya Kewirausahaan Sektor Kelautan dan Perikanan di Gedung Mina Bahari III, KKP, Jakarta, Sabtu (12/10).

Ia melanjutkan, dari spesies tersebut hanya 100 spesies ikan yang selama ini dimanfaatkan. Padahal kesempatan yang ada sangat besar sekali jika keseluruhan spesies ikan tersebut bisa dikelola menjadi bahan baku dan lainnya.

Terutama, pengelolaan bisa dilakukan para generasi milenial yang lebih terdepan dalam pembudidayaan dan sangat peka terhadap teknologi. Maka dari itu, daripada sekedar membuka cafe, milenial sekarang dirasa harus bisa menjadi pelaku lebih jauh lagi seperti menjadi pemasok cafe tersebut.

(Baca: Triwulan II 2019, Pertumbuhan Produksi Perikanan Naik hampir 30%)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...