Pfizer & BioNtech akan Produksi 100 Juta Dosis Vaksin Corona Tahun Ini

Happy Fajrian
12 Juli 2020, 10:21
vaksin virus corona, pfizer biontech, virus corona, covid 19
ANTARA
Ilustrasi fasilitas produksi Pfizer. BioNTech bekerja sama dengan Pfizer mengembangkan vaksin virus corona. Kedua perusahaan akan memproduksi ratusan dosis vaksin pada akhir tahun ini.

Perusahaan bioteknologi asal Jerman, BioNTech, yang bekerja sama dengan perusahaan farmasi asal Amerika Serikat (AS), Pfizer, disebutkan akan memproduksi 100 juta dosis vaksin virus corona hingga akhir tahun ini.

Founder dan Chief Executive Officer (CEO) BioNtech Dr. Ugur Sahin optimistis kandidat vaksin virus corona yang dikembangkan bersama Pfizer ini akan mendapatkan izin dari regulator sebelum tahun ini berakhir. Bahkan dia menyebutkan vaksin dapat segera diproduksi sebelum izin tersebut keluar.

Advertisement

“Beberapa ratus dosis vaksin bahkan dapat diproduksi sebelum mendapatkan izin dari regulator, dan lebih dari 1 miliar dosis dapat diproduksi hingga akhir 2021,” ujarnya seperti dikutip The Wall Street Journal, Minggu (12/7).

Kandidat vaksin yang dikembangkan BioNTech dan Pfizer ini menunjukkan banyak kemajuan dalam melawan penyakit pernapasan akibat virus corona atau Covid-19, pada tahap awal pengujian terhadap manusia.

(Baca: Progres Vaksin Corona Dunia, Universitas Oxford Berada Paling Depan)

Pengujian akan berlanjut pada tahap berikutnya yang berskala lebih besar yang melibatkan 30 ribu relawan pada akhir bulan ini sembari perusahaan menunggu keluarnya izin dari regulator.

Seperti dilaporkan Reuters sebelumnya, dua perusahaan ini tengah bersiap untuk memproduksi hingga 100 juta dosis vaksin virus corona hingga akhir tahun ini, dan sekitar 1,2 miliar dosis hingga akhir 2021 pada fasilitas produksinya di Jerman dan AS.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement