Tren Staycation di Hotel Tinggi saat Libur Akhir Tahun karena Pandemi

Happy Fajrian
25 Desember 2020, 18:49
hotel, staycation, pandemi corona, liburan akhir tahun
ANTARA FOTO/Feny Selly/wsj.
Pekerja menyemprotkan cairan disinfektan sebagai langkah persiapan untuk menyambut libur Natal dan tahun baru di salah satu sudut hotel di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (15/12/2020).

Pandemi corona tidak menyurutkan niat masyarakat untuk menikmati liburan akhir tahun dengan staycation di hotel. Hal ini terlihat dari tingkat okupansi hotel-hotel berbintang di Jakarta yang meningkat pada masa liburan akhir tahun 2020.

Setidaknya hal ini dirasakan oleh dua hotel berbintang di Jakarta, yakni Hotel Sari Pan Pacific dan Shangri-La Hotel.

Acting General Manager Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Abhi Gurung, mengatakan bahwa tingkat hunian hotel yang terletak di pusat kota Jakarta itu cukup baik pada bulan ini.

“Beberapa program F&B dan kamar yang telah disiapkan mendapatkan antusiasme yang baik dari pasar,” kata Abhi, Jumat (25/12).

Adapun perubahan terbesar yang dirasakan dalam permintaan menginap pada periode Natal dan tahun baru kali ini dibandingkan dengan tahun lalu adalah kini tamu didominasi oleh pasar domestik. “Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya program-program F&B, seperti pemesanan hampers dapat dibilang sangat baik,” kata dia.

Sementara itu Director of Communications Shangri-La Hotel Jakarta, Debby Setiawaty, menuturkan tingkat okupansi meningkat secara signifikan dibandingkan awal 2020 ketika pandemi dimulai yang menyebabkan kelesuan sektor pariwisata.

"Sebagian alasan di balik tingkat minat yang lebih kuat adalah karena sebagai hotel, kami telah mengembangkan penawaran demi memenuhi kebutuhan para tamu pada saat ini," kata Debby.

Sebelum pandemi, perayaan akhir tahun di Shangri-La selalu diramaikan dengan pertunjukan musik. Demi keamanan bersama, tahun ini acara-acara yang mengundang keramaian tidak dilaksanakan. Sebagai gantinya, tamu bisa menikmati perayaan tahun baru yang lebih intim.

Debby mengungkapkan kini Shangri-La juga melayani pemesanan makanan ke rumah sehingga memungkinkan para tamu untuk menikmati santapan lezat dalam kenyamanan rumahnya sendiri. "Para tamu yang ingin tetap menikmati santap langsung di restoran kami, mereka masih dapat melakukannya," kata dia.

Berdasarkan data pemesanan dari platform perjalanan digital Agoda, hotel bintang 4 hingga 5 adalah pilihan akomodasi teratas dalam menyambut tahun baru 2021 di dunia, serta menempatkan hotel bintang 1 hingga 3,5 di posisi kedua tahun ini, dibandingkan Malam Tahun Baru 2019.

Di Indonesia, tahun ini kebanyakan wisatawan memesan kamar hotel bintang 4 hingga bintang 5. Hotel bintang satu hingga 3,5 menjadi pilihan di peringkat kedua.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...