Harga Cabai Rawit Jelang Ramadan Setara Daging Sapi, Tembus Rp 150.000

Happy Fajrian
26 Maret 2021, 16:48
harga cabai rawit, harga daging sapi, harga pangan
ANTARA FOTO/Siswowidodo/rwa.
Pedagang menimbang cabai di Pasar Besar Kota Madiun, Jawa Timur, Jumat (5/3/2021).

Harga cabai rawit merah di pasar tradisional menjelang bulan Ramadan terus melonjak. Seperti di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang harganya naik hingga setara dengan harga daging sapi, bahkan sempat lebih mahal.

Pedagang Pasar Cikarang Yulianti (39) mengatakan bahwa harga cabai rawit sebenarnya sudah mengalami kenaikan sejak tiga bulan lalu. Hanya saja belakangan ini terjadi kenaikan yang lebih signifikan.

Advertisement

"Sudah mulai merangkak naik dari tiga bulan lalu tapi belakangan tembus hingga Rp 150.000 minggu lalu, hari ini di Rp 130.000 per kilogram (kg)," katanya di Cikarang, Jumat (26/3).

Dia menambahkan bahwa harga cabai rawit merah setara dengan harga daging sapi di pasaran yang turut naik dari semula Rp 98.000 menjadi Rp 130.000 per kg.

Menurut dia kenaikan harga cabai ini disebabkan stok cabai yang menipis di pasaran akibat gagal panen. Selain itu, momentum bulan puasa juga diduga turut mempengaruhi kenaikan harga cabai.

"Harganya cenderung naik terus, sempat turun sebentar tapi naik lagi, ditambah mau puasa, sudah biasa suka naik," ungkapnya.

Yuli menyebut kenaikan harga juga terjadi untuk komoditas cabai merah besar dari semula Rp 40.000 menjadi Rp 75.000 per kg. Cabai merah keriting juga mengalami kenaikan harga dari Rp 30.000 menjadi Rp 70.000 per kg. "Naik dari sejak dua bulan terakhir," katanya.

Harga cabai melonjak dalam beberapa waktu terakhir. Seperti cabai rawit merah yang pada awal Februari harganya masih sekitar Rp 73.ooo per kg secara nasional. Simak databoks berikut:

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Cikarang mencatat selain cabai dan daging sapi, kenaikan harga juga dialami sejumlah komoditas pokok lainnya.

Kasubag UPTD Pasar Cikarang Atep Winara mengatakan berdasarkan data pihaknya hari ini, kenaikan harga juga dialami gula putih dari Rp 12.500 menjadi Rp 13.000 per kg, juga gula merah yang semula Rp 12.500 menjadi Rp 15.000.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement