Tsunami Covid-19 di India Mengancam Ekspor Batu Bara Indonesia

Image title
30 April 2021, 19:25
ekspor batu bara, tsunami covid 19 india,
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc.
Alat berat beroperasi di kawasan penambangan batu bara Desa Sumber Batu, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Rabu (8/7/2020).

Pelaku usaha di sektor batu bara mulai mengkhawatirkan dampak tsunami Covid-19 di India terhadap ekspor komoditas tambang tersebut.Pasalnya India merupakan salah satu negara tujuan ekspor batu bara terbesar Indonesia.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia mengatakan belum diketahui apa kebijakan pemerintah India merespon krisis kesehatan tersebut. Pelaku usaha batu bara nasional khawatir jika penguncian wilayah atau lockdown kembali diterapkan seperti tahun lalu.

Advertisement

"Ada kekhawatiran pemerintah India akan menerapkan lockdown yang akan berpengaruh terhadap permintaan energi mereka dan impor batu bara tentunya," ujar dia kepada Katadata.co.id, Jumat (30/4).

Meski demikian, sejauh ini APBI tidak membuat proyeksi ekspor terkait batu bara, termasuk ke India. Namun pada Januari 2021 volume ekspor batu bara ke India tercatat mencapai 6,71 juta ton.

Selama periode 2018 hingga 2020, ekspor batu bara ke India menunjukkan penurunan yang cukup signifikan dari 107,3 juta ton pada 2018 menjadi 97,6 juta ton pada 2020. Walaupun pada 2019 volume ekspor ke negara tersebut sempat naik menjadi 116,9 juta ton.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement