Hong Kong dan Taiwan Kategorikan RI Negara Berisiko Tinggi Covid-19

Happy Fajrian
4 Juli 2021, 08:58
covid 19, indonesia, taiwan, hong kong
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.
Truk Gunner Spraying PMI menyemprotkan cairan disinfektan di Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, Jakarta, Kamis (1/7/2021). Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Polres Metro Jakarta Utara dalam rangka HUT Bhayangkara Ke-75 melakukan penyempotan massal disinfektan di wilayah Jakarta Utara guna menekan dan mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.

Taiwan memasukkan Indonesia ke dalam daftar negara berisiko tinggi Covid-19. Pusat Komando Epidemi Taiwan (Central Epidemic Command Center/CECC) menyebutkan di kategori itu Indonesia bersama Brazil, India, Inggris, Peru, dan Israel.

Meski demikian tidak ada penjelasan lebih lanjut dari otoritas terkait mengenai ada atau tidaknya larangan masuk dari negara-negara berisiko tinggi tersebut.

CECC hanya mengeluarkan kebijakan bahwa setiap orang yang datang dari luar negeri ke Taiwan wajib menjalani tes usap (swab) dua kali sebelum dan sesudah karantina yang berlaku mulai Jumat (2/7).

“Kebijakan itu diambil di tengah muculnya kasus Covid-19 varian Delta di kalangan warga lokal Pingtung,” kata Kepala CECC Chen Shih Chung, seperti dikutip kantor berita Taiwan, CNA, pada Minggu (4/7).

Menurut Chen, kebijakan ini akan berlaku selama sebulan ke depan bebas biaya. Selain tes usap, CECC juga mewajibkan tes cepat pada hari ke-10 dan hari ke-12 karantina.

Otoritas kesehatan setempat juga menetapkan biaya karantina di tempat yang telah ditentukan sebesar 2.000 dolar Taiwan atau sekitar Rp 1 juta per hari.

Sebelumnya Hong Kong juga telah menetapkan Indonesia sebagai negara berstatus A-1 atau berisiko sangat tinggi. Dengan status tersebut, Hong Kong melarang penerbangan dari Indonesia.

Menurut penjelasan Kementerian Luar Negeri Indonesia, kebijakan ini ditempuh pemerintah Hong Kong karena terdapat peningkatan jumlah imported cases Covid-19 dari Indonesia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...