Pemerintah akan Bagikan Paket Obat Covid-19 Gratis Untuk Warga Miskin

Happy Fajrian
12 Juli 2021, 08:59
obat, covid 19, isolasi mandiri
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Potret kemiskinan di Kampung Akuarium, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Pemerintah akan membagikan paket obat-obatan perawatan Covid-19 bagi warga kurang mampu yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Pemerintah mulai minggu depan akan membagikan paket obat-obatan bagi penderita Covid-19. Pemberian paket obat-obatan ini khususnya bagi masyarakat kurang mampu yang tengah melakukan isolasi mandiri (isoman).

Hal itu disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali dalam rapat koordinasi virtual yang digelar Minggu (11/7).

“Minggu depan mudah mudahan sudah lebih baik,” kata Menko Luhut soal ketersediaan obat-obatan bagi penderita Covid-19 dalam rakor itu, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (12/7).

Menko Luhut kembali menegaskan syarat untuk mendapatkan bantuan obat perawatan untuk pasien Covid-19 dari pemerintah adalah menunjukkan hasil tes swab PCR.

“Saran saya nanti 2.200 dokter yang direkrut dan dikoordinasi oleh Pak Tugas (Kapuskes TNI) dipimpin Panglima TNI, bisa atur semua flow (alur) ini,” ujar Menko Luhut.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengusulkan agar dilakukan finalisasi jenis obat-obatan yang akan diberikan.

“Kita perlu finalisasi lagi terkait paketnya karena belum sinkron dengan organisasi profesi dokter, jangan sampai terjadi resistensi terkait paket obat ini,” kata Menkes.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...