Progres Sirkuit Mandalika Sudah 92%, ITDC Klaim Tercepat di Dunia

Happy Fajrian
16 Agustus 2021, 08:24
sirkuit mandalika,
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.
Foto udara tikungan ke-10 di proyek pembangunan lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (7/6/2021).

PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengklaim pengerjaan lintasan utama atau main track Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), sebagai yang tercepat di dunia.

Direktur ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan bahwa pengerjaan sirkuit ini dimilai 15 Juni 2020 dan tuntas pada Minggu 15 Agustus 2021, atau hanya satu tahun satu bulan.

“Ini yang tercepat di dunia. Kenapa kami cepat? Karena waktu itu kami mengejar MotoGP 2021,” ujarnya usai seremoni penyelesaian pengaspalan dan serah terima pertama pembangunan Mandalika Street Circuit yang digelar di area tikungan 2 dan 3 di The Mandalika, Minggu (15/8).

Dia memaparkan bahwa saat ini pihaknya telah menyelesaikan pemasangan concrete barrier dan pembangunan terowongan (tunnel) yang berfungsi sebagai akses penonton ke dalam area sirkuit, area layanan, hotel, serta fasilitas lainnya di dalam area lintasan.

Secara keseluruhan, pekerjaan konstruksi pembangunan Mandalika International Street Circuit sudah sekitar 92%. Fasilitas pendukung lainnya seperti race control dan pondasi pit building juga tengah dikerjakan.

“Saat ini juga tengah disiapkan medical center lengkap dengan landasan helikopter di dalam sirkuit. Operasional dan penyediaan peralatan kesehatan untuk fasilitas medis ini didukung oleh Kementerian Kesehatan,” ujar Abdulbar.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...