Masuk Kalender MotoGP 2021, Sirkuit Mandalika Terus Bersolek

Pingit Aria
7 September 2020, 10:52
Puluhan kapal tradisional bersandar di Pantai Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (3/12/2019). Kawasan Pantai Kuta Mandalika yang masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut menjadi salah satu wisata destinasi wisata
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Puluhan kapal tradisional bersandar di Pantai Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (3/12/2019). Kawasan Pantai Kuta Mandalika yang masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut menjadi salah satu wisata destinasi wisata favorit di Nusa Tenggara Barat.

Indonesia resmi masuk kalender MotoGP 2021. Dalam situs resmi MotoGP, Indonesia akan menjadi tuan rumah di seri ke-15, setelah seri Malaysia dan Thailand, dan sebelum Argentina. Sirkuit Mandalika di Lombok pun terus bersolek.

Hingga saat ini, belum ada tanggal resmi pelaksanaan balapan tersebut. Penjualan tiket balapan juga belum tersedia. "Tiket untuk event ini belum tersedia. Silakan daftar untuk menerima notifikasi ketika tiket ini sudah dijual," demikian keterangan di situs tersebut.

Advertisement

Sebagai gambaran, MotoGP Malaysia tahun ini seharusnya digelar di Sirkuit Sepang pada 1 November, namun ajang balap motor tersebut dibatalkan karena pandemi Covid-19. Mengacu jadwal tersebut, MotoGP Indonesia 2021 kemungkinan baru akan digelar pada penghujung tahun depan.

Beberapa waktu lalu, Pelaksana MotoGP Indonesia, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), telah mengajukan diri untuk menggelar tes pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika.

Saat ini operator MotoGP Indonesia tengah menunggu pengumuman jadwal resmi seri untuk MotoGP musim depan dari Dorna Sports. "Kami tunggu Dorna. Pastinya, kami penyelenggara sangat senang jika Dorna menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai tes pramusim," kata Chief Strategic Communication Officer MGPA Happy Harinto.

Menurutnya, Indonesia telah mendapat kontrak lima tahun untuk menggelar MotoGP mulai 2021.

PROGRES PEMBANGUNAN MANDALIKA STREET CIRCUIT
PROGRES PEMBANGUNAN MANDALIKA STREET CIRCUIT (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Progres Pembangunan Mandalika

Lalu, bagaimana kesiapan Sirkuit Mandalika untuk menjadi tuan rumah MotoGP tahun depan? Dikutip dari KompasTV, pembangunan Sirkuit Mandalika saat ini baru memasuki tahap pengaspalan, tepatnya uji coba lapisan sub-grade.

Lapisan sub-grade ialah lapisan perkerasan berbutir alias pondasi sebelum tiga lapisan di atasnya. Uji coba ini bertujuan untuk menentukan parameter dalam pelaksanaan pengerjaan lapisan sub-grade. Misalnya, besaran kadar air yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pemadatan dan jumlah lintasan dari alat berat pemadat yang dibutuhkan.

Pembangunan Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,31 kilometer dan 17 tikungan ini diperkirakan akan selesai pada pertengahan tahun depan.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menjadi salah satu destinasi wisata kelas dunia. Selain MotoGP 2021, di sana nantinya akan diselenggarakan Olimpiade 2032.

Guna merealisasikan itu semua, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggenjot pembangunan infrastruktur di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement