POD Disetujui, Produksi Gas Tangguh LNG Berpotensi Bertambah 1,3 Tcf

Image title
30 Agustus 2021, 15:30
tangguh lng, produksi gas, skk migas,
Arief Kamaludin|KATADATA
Tangguh LNG.

SKK Migas telah menyetujui rencana pengembangan (POD) proyek Tangguh LNG untuk Lapangan Ubadari dan Vorwata Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) di Papua Barat. Dalam POD tersebut BP Indonesia memproyeksikan potensi tambahan produksi gas sebesar 1,3 triliun kaki kubik (TCF).

"Pengembangan ini menunjukkan bahwa Tangguh merupakan proyek strategis dalam portofolio BP," kata Executive Vice President for Gas & Low Carbon Energy BP, Dev Sanyal, dalam keterangan tertulis, Senin (30/8).

Advertisement

Pengembangan Lapangan Ubadari merupakan langkah percepatan setelah melalui program appraisal dan akan diproduksi melalui instalasi tanpa awak yang terhubung dengan pipa lepas pantai ke fasilitas LNG Tangguh.

Sementara, pengembangan CCUS Vorwata akan menginjeksikan kembali sekitar 25 juta ton CO2 ke reservoir. Ini dilakukan untuk mengurangi sebagian besar emisi karbon dan memberikan tambahan produksi gas melalui enhanced gas recovery (EGR).

Menurut dia Lapangan Ubadari merupakan wujud nyata dari fokus usaha BP dalam pengembangan gas. Sedangkan proyek Vorwata CCUS-EGR akan menjadi tonggak penting bagi BP untuk dapat berkontribusi terhadap tujuan mengurangi emisi.

Injeksi CO2 ke reservoir Vorwata setidaknya akan mengurangi hingga 90% emisi yang dilepas ke udara, atau hampir setengah dari emisi yang diproduksi Tangguh LNG. Ini akan menjadikan Tangguh sebagai salah satu kilang LNG dengan intensitas gas rumah kaca (GRK) terendah di dunia.

"Pencapaian pada tahap ini, dari hanya sebuah konsep sejak beberapa tahun lalu, sangatlah luar biasa. Sebuah hasil nyata dari kemitraan antara BP dengan para mitranya dan Pemerintah Indonesia,” kata Sanyal.

Simak kinerja produksi LNG Indonesia pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement