Menkes: Varian Omicron akan Menyebar dari Jakarta hingga Bali

Rizky Alika
28 Januari 2022, 09:01
varian omicron, budi gunadi sadikin, covid-19
ANTARA FOTO/Fauzan/nym.
Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR kepada warga di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, Rabu (5/1/2022).

Kasus Covid-19 varian Omicron tengah merebak di DKI Jakarta. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun mengatakan, varian yang lebih menular dari varian Delta ini akan menyebar hingga ke provinsi lainnya.

Ia mengatakan, Jakarta memang menjadi lokasi pertama penyebaran varian teranyar itu. Kemudian, Omicron akan bergeser ke wilayah Jawa hingga Bali.

"Polanya dari Jakarta akan geser ke Jawa Barat kemudian Banten. Selanjutnya, Omicron akan menyebar ke Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah, dan Jogjakarta." kata Budi dalam konferensi pers daring, Kamis (28/1).

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu mengibaratkan, Jakarta menjadi medan perang pertama melawan Omicron. Namun, ibu kota masih dinilai beruntung lantaran cakupan vaksinasi Covid-19 terhadap lansia sudah tinggi.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada 27 Januari, cakupan vaksinasi dosis pertama pada lansia mencapai 793,2 ribu orang atau mencapai 104,2% dari target. Sedangkan, vaksinasi dosis kedua pada lansia sebanyak 719,5 ribu orang atau 94,52% dari target. "Jakarta paling siap. Kita bisa menguji strategi kita seperti apa," ujar dia.

Ia pun mendorong wilayah lainnya untuk meningkatkan cakupan vaksinasi pada lansia. Sebab, cakupan vaksinasi lansia masih bervariasi di wilayah lainnya.

Sebagai contoh, vaksinasi dosis kedua pada lansia di Papua baru mencapai 18,6 ribu orang. Jumlah itu baru mencapai 10,49% dari target. "Saya minta pemda, gubernur agar vaksinasi semua masyarakat lansia karena penting sekali," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...