Rencana Pembagian 10.000 Kompor Listrik Gratis di Jakarta Kandas

Muhamad Fajar Riyandanu
30 September 2022, 12:56
kompor listrik, kompor induksi, pln,
Olga Yastremska/123RF
Ilustrasi kompor listrik.

Rencana pembagian 10.000 unit kompor listrik induksi di Jakarta pada tahun ini kandas. Hal ini menyusul keputusan PLN untuk membatalkan seluruh program konversi kompor gas elpiji 3 kilogram menjadi kompor listrik.

Rencananya Jakarta menjadi bagian dari proyek uji coba konversi kompor listrik setelah sebelumnya PLN membagikan total 2.000 unit kompor listrik di Solo, Jawa Tengah, dan Denpasar, Bali, sebagai percontohan.

"Iya, dibatalkan. Sejauh ini belum ada yang disalurkan," kata General Manager PLN IUD Jakarta Raya, Doddy Pangaribuan kepada Katadata.co.id, melalui pesan singkat pada Jumat (30/9).

Sebelumnya Doddy memaparkan bahwa dalam menentukan calon penerima kompor listrik dan alat masaknya, dengan total nilai bantuan Rp 2,5 juta per keluarga, PLN memanfaatkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Adapun calon penerima manfaat terbatas adalah pelanggan PLN yang memiliki daya listrik 450 Volt Ampere (VA) hingga 900 VA. Saat ditanya soal keberlanjutan program kompor induksi di Jakarta, Doddy menjawab pihaknya akan terus mengikuti arahan dari PLN Pusat. "Jakarta menyesuaikan dengan kebijakan PLN Pusat," imbuh Doddy.

PLN memutuskan untuk membatalkan program konversi kompor elpiji menjadi kompor listrik. Untuk uji coba tahun ini awalnya PLN akan membagikan 300.000 kompor listrik gratis kepada keluarga penerima manfaat. Setelah program ini dibatalkan, pengadaan kompor listrik ikut dibatalkan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...