Minim Rig, Pengeboran Sumur Migas Kuartal I Hanya 17% dari Target

Muhamad Fajar Riyandanu
5 April 2023, 18:57
skk migas, pengeboran migas, rig migas
Katadata / Trion Julianto
SKK Migas menyaksikan pengeboran sumur perdana PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Duri, Riau (1/1/2023).

SKK Migas melaporkan telah menyelesaikan 169 pengeboran sumur pengembangan migas hingga Maret tahun ini. Capaian tersebut berada di kisaran 17% dari target 991 pengeboran sampai akhir tahun. Masih minimnya kegiatan pengeboran sumur pengembangan disebabkan oleh minimnya ketersediaan rig di sektor hulu migas nasional.

Deputi Eksploitasi SKK Migas, Wahju Wibowo, menyampaikan bahwa pihaknya bersama PT Pertamina tengah merancang recovery plan atau rencana pemulihan untuk mengerek realisasi pengeboran sumur pengembangan. Adapun sumur pengembangan merupakan sumur yang dibor pada suatu lapangan minyak eksisting.

"Karena yang paling banyak terlambat itu Pertamina grup, maka kami insentif melakukan recovery plan dengan mereka, dan mereka komitmen untuk menyelesaikan apa yang sudah disepakati," kata Wahju di Kantor SKK Migas Jakarta pada Rabu (5/4).

Lewat perencanaan tersebut, SKK Migas bersama Pertamina sepakat untuk mengakselerasi pengemboran sumur pengembangan tahun ini. Langkah itu bertujuan untuk mengejar target volume produksi atau lifting minyak bumi 660 ribu barel per hari (bph) dalam Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (APBN) 2023.

"Jadi kalau mulainya sudah terlambat, ibaratnya bagaimana untuk bisa ngebut supaya tetap sampai pada waktu yang sama," ujar Wahju.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...