Bertemu Presiden Korsel, Sri Mulyani Cerita Soal Booming Kpop di RI

Abdul Azis Said
4 Mei 2023, 08:59
sri mulyani, kpop, korea selatan, korsel,
ANTARA/Lia Wanadriani Santosa
Grup idola K-pop NCT 127 dalam gelaran konser \"NEO CITY : JAKARTA – THE LINK\" di ICE BSD City, Tangerang pada Jumat (4/11/2022).

Menteri Keuangan Sri Mulyani bertemu langsung dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol dalam rangkaian pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral ASEAN+3 di Incheon, Korsel awal pekan ini. Dalam pertemuan itu, salah satu topik yang didiskusikan yaitu soal perkembangan pesat Kpop di Indonesia.

"Saya sempat bercerita mengenai bagaimana beberapa industri besar dari Korsel seperti elektronik, otomotif, consumer goods serta jasa semakin berkembang pesat setelah budaya Kpop mulai booming di Indonesia," tulisnya dalam unggahan di akun instagramnya @smindrawati, Rabu (3/5).

Bendahara negara itu juga menceritakan pengalaman pribadinya terpapar langsung budaya hallyu alias Korean Wave yang mendorong meluasnya budaya Korsel. Sri Mulyani mengaku juga tak jarang menghabiskan waktu luangnya dengan menonton drama korea alias drakor.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Ia memang sebelumnya pernah blak-blakan kepincut menonton drakor. Dalam siniar dengan Deddy Corbuzier awal tahun lalu, Sri Muluani mengaku saat itu tengah menonton drakor yang dibintangi Hyun Bin dan Son Ye Jin, Crash Landing On You.

Cerita soal booming budaya Korea Selatan di Indonesia itu diceritakannya langsung di depan Presiden Korsel dalam agenda Presidential Talk pada awal pekan ini. Pertemuan tersebut merupakan rangkaian dslam pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral ASEAN+3, aliansi negara ASEAN bersama Korsel, Cina dan Jepang.

Sri Mulyani juga bercerita hubungan ekonomi kedua kawasan, ASEAN dan Korsel, yang makin intens. Dalam dua dekade terakhir, nilai perdagangan ASEAN ke Korsel sudah meningkat 83%. Sebaliknya, jumlah anak perusahaan dan cabang perusahaan keuangan Korsel di ASEAN telah meningkat 92% dalam kurun waktu 2011-2019.

"Melalui pertemuan ini saya berharap semoga ke depannya hubungan ASEAN dan Korsel akan semakin erat, khususnya di bidang keuangan, yang akan memberikan mutual benefits sekaligus meningkatkan kesejahteraan kawasan, baik bagi ASEAN maupun Korea Selatan," ujar Sri Mulyani.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...