Sri Mulyani Ungkap Alasan Minta Dana Pandemi: Bukan Hanya Soal Uang

Abdul Azis Said
17 Mei 2023, 17:19
dana pandemi, pandemic fund, sri mulyani
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut dana pandemi tak hanya soal uang melainkan kerja sama dan kolaborasi di tingkat regional dan global dalam menghadapi krisis besar.

Pemerintah Indonesia resmi mengajukan proposal untuk memperoleh pandemic fund atau dana pandemi. Dewan Pengurus Pandemic Fund telah menyetujui penyaluran dana pandemi sebesar US$ 300 juta atau lebih Rp 4 triliun untuk penyaluran tahap pertama. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Balitbangtan Kementerian Pertanian Fajri Jufri, Sekretaris Utama BRIN Nur Tri Aries Suestiningtyas, perwakilan KLHK Satyawan Budiatmoko, dan Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Satu Kahkonen menandatangani cover letter proposal untuk pandemic fund pada Rabu (17/5).

"Proposal tersebut bukan hanya soal uang yang bisa diperoleh Indonesia untuk terus memperkuat sistem kesehatan di dalam negeri, tetapi juga untuk bekerja sama dan berkolaborasi di tingkat regional dan global karena ini adalah semangat yang perlu terus kita suarakan dan tunjukkan saat dunia menjadi begitu terfragmentasi," kata Sri Mulyani.

Kementerian Kesehatan telah mengajukan pernyataan keinginan atau expression of interest (EOI) untuk mengajukan proposal pandemic fund pada Februari 2023. Setelah itu, Kemenkes menggelar dua kali konsultasi publik pada Februari dan Maret, serta tujuh rapat bersama antar kementerian pada Maret dan April.

Penandatanganan cover letter proposal hari ini merupakan salah satu syarat untuk pengajuan proposal. Proses ini dinilai menjadi bukti dukungan politik yang kuat atas proposal tersebut.

"Setelah cover letter ditandatangani, kami akan melakukan pengajuan melalui portal Pandemic Fund. Harapan kita bersama jelas bahwa hibah tersebut diharapkan diberikan kepada Indonesia dalam pengumuman di bulan Juli nanti," kata Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Kemenkes Syarifah Liza Munira.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...