Jamali Kelebihan Listrik, Pemerintah Setop Pembangunan PLTU Indramayu

Muhamad Fajar Riyandanu
31 Mei 2023, 17:04
pltu indramayu, esdm, kementerian esdm, kelebihan listrik
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/pras.
Ilustrasi PLTU.

Kementerian ESDM memastikan pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Indramayu Jawa Barat dihentikan seiring dengan kondisi kelebihan pasokan atau oversupply di sistem kelistrikan Jawa, Madura, Bali atau Jamali.

"Jadi ini kaitannya dengan Jawa Bali yang overcapacity, kan jadi ada risiko," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman Parada Hutajulu di Kementerian ESDM pada Rabu (31/5).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa perusahaan tengah menghadapi kelebihan pasokan listrik yang cukup besar.

Saat Rapat Dengar Pendapat atau RDP dengan Komisi VI DPR pada 15 Juni tahun lalu, dia mengatakan kondisi di Jawa dalam satu tahun ke depan akan masuk tambahan pasokan listrik 6,8 GW. Hal tersebut tak diimbangi dengan tambahan permintaan yang hanya 800 MW.

Darmawan menuturkan kelebihan pasokan tenaga listrik terjadi di sistem Jamali dan sistem Sumatera. Kelebihan listrik terjadi di Sumatera selama tiga tahun ke depan hingga 2025. Tambahan permintaan listriknya hanya 1,5 GW, sedangkan penambahan kapasitas sebesar 5 GW. Wilayah Kalimantan dan Sulawesi juga mengalami hal serupa.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...