593.000 Orang Naik Kereta Selama Long Weekend, Jakarta-Bandung Favorit

Happy Fajrian
3 Juni 2023, 20:23
kereta api, libur panjang, long weekend
KAI
Pengguna transportasi kereta api meningkat pada libur panjang awal Juni 2023.

PT Kereta Api Indonesia mencatat terjadi tren kenaikan volume penumpang yg cukup signifikan pada masa libur panjang akhir pekan Hari Lahir Pancasila pada Kamis (1/6) dan cuti bersama Hari Raya Waisak pada Jumat (2/6).

Tercatat selama 5 hari dari tanggal 31 Mei Hingga 4 Juni 2023, jumlah penumpang KA mencapai 593.130 orang, berdasarkan data tanggal 3 Juni 2023 pukul 09:30 WIB.

Advertisement

Adapun perjalanan KA yang menjadi favorit masyarakat pada masa liburan ini diantaranya KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung/pp, KA Airlangga relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi/pp, KA Serayu relasi Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto, KA Ranggajati relasi Cirebon-Yogyakarta-Jember.

Untuk rute favorit pilihan masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta-Bandung pp, Jakarta Yogyakarta pp, Jakarta-Surabaya pp, Bandung-Surabaya pp, dan tujuan lainnya.

Untuk mengakomodir meningkatnya volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan tersebut, total perjalanan KA Jarak Jauh yang dioperasikan adalah sebanyak 1.109 perjalanan KA atau rata-rata 222 perjalanan KA per hari, naik 4% dibanding pekan sebelumnya yaitu rata-rata 214 perjalanan KA per hari.

“Penambahan perjalanan kereta api tersebut sebagai bagian dari komitmen peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan khususnya pada masa high season seperti long weekend ini,” kata Joni dalam siaran pers, Sabtu (3/6).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement