Kementerian PUPR Siapkan Tender Ulang Tol Getaci, Berikut Skemanya

Nadya Zahira
7 Juni 2023, 21:48
tol getaci, kementerian pupr, lelang ulang tol getaci
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Foto udara Simpang Susun Cileunyi yang menyambungkan Jalan Tol Pubaleunyi dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/4/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mengungkapkan progres terkini persiapan tender ulang Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau Getaci. Tol tersebut rencananya akan menjadi tol terpanjang di Indonesia yaitu sepanjang 206,65 kilometer (km).

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, dalam persiapan tender Tol Getaci untuk tahap pertama ini masih terkendala dokumen lingkungan yang belum lengkap. "Jadi ada catatan dari KPK, bahwa ini dokumen lingkungannya belum lengkap," ujarnya di Gedung DPR RI, Rabu (7/6).

Hedy mengatakan, pihaknya akan melakukan upaya percepatan tender ulang dengan cara mengajukan argumentasi. Selain itu, dia menargetkan lelang akan dilakukan segera mungkin, karena hanya perlu menunggu klarifikasi masalah dokumen tersebut.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR melakukan lelang Tol Getaci karena pemenang lelang Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT Tol Getaci yakni Jasa Marga, tidak berhasil menyerahkan financial close.

Proses lelang ulang membuat pengerjaan proyek Tol Getaci menjadi semakin molor. Sebelumnya, proyek ini ditargetkan mulai dibangun pada 2022. Hedy mengatakan bahwa Kementerian PUPR telah melakukan pendataan untuk kebutuhan lahan pada tahap pertama yang ditargetkan sampai dengan wilayah Garut, Jawa Barat.

Sementara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya akan mengerjakan pembangunan tol tersebut secara bertahap sesuai dengan prioritas. Adapun konstruksi yang diprioritaskan yaitu dari Gedebage-Ciamis. "Untuk tol Getaci itu kita akan bikin yang prioritas sampai ke Ciamis dulu," ujarnya.

Basuki mengatakan, pembangunan jalan tol Getaci tersebut masuk ke dalam proyek strategis nasional atau PSN. Sehingga konstruksinya terus digenjot dan dilanjutkan. Dengan demikian, proyek itu tidak akan dihilangkan dari PSN.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...