Data Ekonomi Cina Mengecewakan, Harga Minyak Turun di Bawah US$ 80

Happy Fajrian
7 November 2023, 18:58
harga minyak
Katadata
Rig pengeboran migas lepas pantai.

Harga minyak turun sekitar 2% pada Selasa (7/11), dengan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) Amerika Serikat (AS) kembali ke level di bawah US$ 80 per barel.

Turunnya harga seiring pengumuman data ekonomi Cina yang mengecewakan, mengalahkan sentimen pemotongan pasokan Arab Saudi dan Rusia yang diperpanjang hingga akhir tahun ini.

Minyak mentah Brent terpantau turun US$ 1,57 atau 1,84% menjadi US$ 83,61 per barel, sedangkan WTI turun US$ 1,40 atau 1,73% menjadi US$ 79,42 per barel. Ini menjadi level terendah dua harga minyak acuan global ini dalam lebih dari dua bulan.

Turunnya harga dipengaruhi oleh data ekonomi Cina, terutama terkait ekspor, impor, dan produksi minyak mentah. Impor minyak mentah Cina pada bulan Oktober menunjukkan pertumbuhan yang kuat baik dari tahun ke tahun maupun bulan ke bulan, namun total ekspornya terkontraksi lebih dalam dari perkiraan.

Ekspektasi penurunan produksi minyak mentah oleh perusahaan penyulingan yang berbasis di Cina antara bulan November dan Desember juga dapat membatasi permintaan minyak dan memperburuk penurunan harga.

Saham dunia yang sering diperdagangkan bersamaan dengan minyak, melemah pada hari Selasa karena antusiasme investor terhadap puncak suku bunga global memudar. Selain itu, dolar AS telah naik dari posisi terendah baru-baru ini, membuat minyak lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...