Netflix Siap Pasang Iklan dan Turunkan Harga Berlangganan Tahun Ini

Strategi ini setelah Netflix kehilangan lebih dari 200.000 penggunanya pada kuartal pertama tahun ini.
Image title
12 Mei 2022, 08:57
Netflix, berlangganan netflix
Netflix
Netflix menawarkan harga berlangganan yang lebih murah tahun ini dengan dukungan iklan.

Platform video on-demand (VoD) Netflix berencana akan memasukan iklan ke dalam kontennya dan menawarkan harga berlangganan yang lebih murah pada akhir tahun ini. Strategi ini lantaran Netflix telah banyak kehilangan pengguna.

Eksekutif Netflix awalnya berencana untuk memperkenalkan paket berlangganan dengan iklan, dengan harga lebih murah pada dua tahun ke depan. Akan tetapi, mereka kini telah mengubah rencananya dan mematok target peluncuran lebih awal.

Eksekutif Netflix telah mengumumkan kepada karyawan bahwa Netflix akan memperkenalkan paket berlangganan murah dengan iklan ini dalam tiga bulan terakhir 2022. "Netflix telah memberi tahu karyawan bahwa iklan mungkin datang pada akhir 2022," demikian dikutip dari Business Insider pada Kamis (12/5).

Perusahaan juga akan mengumumkan langkah-langkah baru untuk menindak pembagian kata sandi pada akhir tahun.

Advertisement

Netflix membuat paket berlangganan murah dengan iklan karena telah kehilangan banyak pengguna. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini awalnya memperkirakan jumlah pelanggan bertambah 2,5 juta pada kuartal pertama tahun ini. Namun, kenyataannya justru turun 200 ribu.

Penurunan jumlah pelanggan tersebut merupakan yang pertama kali terjadi dalam 10 tahun terakhir. Netflix pun diprediksi kehilangan dua juta pelanggan sepanjang musim semi tahun ini. Simak databoks berikut:

Netflix mengatakan, salah satu alasan penurunan 200 ribu pelanggan karena persaingan ketat dengan VoD lainnya. "Sekarang tampaknya persaingan membuat lebih sulit bagi Netflix untuk berkembang," kata CEO Netflix Reed Hastings dikutip dari Reuters, bulan lalu (20/4).

Di saat platform VoD lain menawarkan harga berlangganan murah meskipun dengan iklan, Netflix menolaknya. Biaya berlangganan Netflix menjadi paling mahal ketimbang penyedia layanan VoD lain.

Menurut analisis Reelgood, paket Netflix yang paling populer yakni paket standar, dibanderol US$ 15,49 per bulan. Harganya lebih mahal dibandingkan layanan VoD lainnya per bulan yakni:

  • HBO Max US$ 14,99
  • Hulu US$ 12,99
  • Peacock Premium Plus US$ 9,99
  • Paramount + US$ 9,99
  • Disney + US$ 7,99
  • Discovery + US$ 6,99
  • Apple TV US$ 4,99

Menurut Realgood, biaya berlangganan pesaing Netflix seperti Paramount +, Peacock, HBO Max, Hulu, dan Discovery + lebih murah karena menawarkan opsi berlangganan dengan iklan.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait