Dianggap Komplet, Jokowi Pilih Andika Perkasa Jadi KSAD

Ameidyo Daud Nasution
22 November 2018, 12:55
KSAD Andika Perkasa
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru Jenderal TNI Andika Perkasa (tengah) melakukan salam komando dengan Dankormar Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono (kiri) dan Danpaspampres Mayjen TNI Suhartono seusai pelantikan oleh Presiden Joko WIdodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Presiden Joko Widodo pagi ini melantik Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal Andika Perkasa sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Andika, yang juga menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara A.M. Hendropriyono ini, menggantikan Jenderal Mulyono yang bersiap memasuki masa pensiun.

Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/11). Usai pelantikan, Presiden lantas menjawab pertanyaan awak media mengenai keputusannya melantik Andika.

Jokowi beralasan Andika memiliki rekam jejak yang komplet, yakni pernah bertugas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam), Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat, hingga Panglima Komando Cadangan Strategis AD (Pangkostrad). "Saya kira tour of duty-nya sudah komplet," kata Jokowi seperti dikutip dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden.

Jokowi juga tidak mempermasalahkan cepatnya karier Andika menanjak hingga membuat alumni Akademi Militer (Akmil) 1987 tersebut menyalip senior-seniornya. Tercatat masih ada Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letnan Jenderal Doni Monardo yang berasal dari Akmil angkatan 1985, selain itu ada pula Wakil Kepala Staf AD Letjen Tatang Sulaiman yang berasal dari Akmil angkatan 1986. "Hitung-hitungannya pengalaman, rekam jejak, dan pendidikan yang telah dijalani," ujar Jokowi.

(Baca: Dilantik Jadi Wagub NTB, Kakak TGB Ikuti Jejak Adik Dukung Jokowi)

Sementara itu, Andika mengaku tidak tahu menahu akan ditunjuk menjadi KSAD oleh Presiden. Dia juga enggan menanggapi terlalu banyak ketika ditanyakan apakah ada peran Hendropriyono dalam lejitan karirnya. "Monggo mau ngomong apa juga, saya dari dulu begini. Tidak ada yang (perlu) saya komentari lagi, terserah," kata Andika seperti dikutip Tempo.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...