Di Bandung, Jokowi Rayakan Hari Pahlawan Naik Sepeda Ontel

Jokowi terlihat memakai baju pejuang kemerdekaan berwarna coklat lengkap dengan sepeda ontel.
Ameidyo Daud Nasution
10 November 2018, 13:12
Jokowi Hari Pahlawan
KATADATA/AMEIDYO DAUD
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersepeda keliling Bandung dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Sabtu (10/11).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengisi akhir pekan dengan merayakan Hari Pahlawan di Bandung. Salah satu agendanya adalah bersepeda keliling Bandung dalam acara Bandung Lautan Sepeda yang diikuti sekitar 25 ribu peserta.

Bukan hanya itu, Jokowi terlihat memakai baju pejuang kemerdekaan berwarna coklat lengkap dengan sepeda ontel. Dari Gedung Sate, Jokowi lalu melepas sekaligus memimpin rombongan sepeda tersebut. Rombongan lalu menempuh beberapa jalan utama di Kota Bandung, rute yang dilewati antara lain Jalan Dago lalu masuk ke Jalan Aceh lalu kembali lagi ke Gedung Sate.

Jokowi mengatakan, ia memakai baju layaknya pejuang tersebut lantaran ingin menghadirkan suasana perjuangan tahun 1945. Apalagi, hari ini merupakan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November. "Suasana itu yang membuat saya memakai baju ini," kata Jokowi, di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (9/11).

Jokowi juga memilih naik sepeda ontel karena sepeda jenis ini ringan. Meski demikian, Jokowi mengaku sempat grogi lantaran sepeda tersebut tidak memiliki rem. "Tapi aman, jalan menanjaknya sedikit, turunnya sedikit," kata Jokowi.

Advertisement

(Baca: Suka Lagu Sweet Child O' Mine, Jokowi Ingin Nonton Konser Guns N' Roses)

Jokowi juga sempat menitipkan pesan Hari Pahlawan bagi masyarakat agar bersemangat memajukan negara. Selain itu, dia meminta anak muda dan kaum milenial bersemangat bekerja, optimis, serta berkreasi. "Saya kira semangat pahlawan dulu juga sama," katanya.

Sebelum ke Gedung Sate, Jokowi sempat memimpin upacara Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Cikutra. Selain menjadi Inspektur Upacara, Presiden juga menabur bunga di makam sejumlah pahlawan dan tokoh seperti Pahlawan Nasional Abdul Moeis, Tokoh Aviasi Nurtanio Pringgoadisuryo, serta Mantan Gubernur Jawa Barat Aang Kunaefi.

Sedangkan dalam acara pawai sepeda, Jokowi didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala Polisi Republik Indonesia Jenderal (Pol) Tito Karnavian, serta Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

(Baca: Jokowi Tuding Tiga Cara "Politik Genderuwo")

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait