7 Contoh Hewan Porifera Beserta Ciri-Cirinya

Image title
22 Maret 2022, 09:59
Aplysina fistularis atau spons kuning merupakan contoh hewan porifera
Unsplash/Rob Schouten
Aplysina fistularis atau spons kuning merupakan contoh hewan porifera

Filum Porifera dalam kingdom animalia disebut juga hewan spons, yaitu hewan invertebrata yang berhabitat di perairan. Menurut Encyclopedia Britannica, terdapat sekitar 5.000 spesies spons yang tersebar di seluruh lautan.

Hewan Porifera hidup di perairan hingga kedalaman 8.500 meter atau lebih. Semua spons dewasa hidup secara permanen menempel pada batu atau benda dalam air lainnya dan tidak bergerak sendiri.

Mengutip buku Mudah dan Aktif Belajar Biologi, pori-pori pada hewan Porifera membentuk saluran air yang bermuara di rongga tubuh (spongocoel). Pada ujung rongga tubuh terdapat lubang besar yang disebut oskulum.

Lapisan luar pada Porifera tersusun oleh sel-sel berbentuk pipih dan berdinding tebal yang disebut sel pinakosit. Sedangkan lapisan dalam terdiri dari sel yang berbentuk seperti lampu dan berflagel yang disebut sel koanosit. Porifera merupakan hewan heterotrof, mereka memangsa plankton yang masuk ke spongocoel.

Ciri-Ciri Hewan Porifera

Ciri-ciri hewan porifera yaitu:

  • Mempunyai banyak sel berderajat rendah.
  • Permukaan tubuh dilapisi pori halus (ostium) yang berfungsi untuk memasukkan air ke dalam tubuh.
  • Kerangkanya terdiri dari zat kapur yang membentuk serabut (sponging).
  • Dinding tubuh terdiri dari tiga lapisan.Hidup berkoloni dan melekat di dasar perairan yang tidak terlalu dalam.
  • Berkembang biak secara vegetatif.
  • Pernapasan dilakukan oleh sel-sel koanosit yang mengabsorbsi oksigen dari air.

Penjelasan ciri-ciri tersebut tercantum dalam buku Klasifikasi Hewan. Filum Porifera dibagi menjadi empat kelas, yaitu Calcarea, Hexactinellida, Demospongiae, dan Homoscleromorpha.

Contoh Hewan Porifera

Contoh hewan porifera antara lain sebagai berikut.

1. Sycon

Sycon adalah genus spons berkapur dalam  keluarga Sycettidae. Hewan ini hidup menempel pada bebatuan, karang, dan cangkang moluska. Spons Sycon berukuran kecil dan dapat tumbuh hingga mencapai panjang 7,5 cm. Bentuknya tabung dan berwarna putih hingga krem.

2. Spongia

Spongia umumnya dikenal sebagai spons mandi. Genus ini termasuk kelas Demospongiae dalam filum Porifera. Beberapa spesies, termasuk Spongia officinalis, digunakan sebagai alat pembersih. Tetapi sebagian besar telah diganti dengan bahan sintetis atau tanaman. Spongia berwarna gelap, berbelit-belit halus, dan bersifat kompresibel, kenyal, dan elastis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...