7 Gunung Tertinggi di Asia, Pendakiannya Rawan Kematian

Image title
8 Juni 2022, 09:52
Ilustrasi, puncak Everest, gunung tertinggi di Asia dan dunia
Pexels/Dick Hoskins
Ilustrasi, puncak Everest, gunung tertinggi di Asia dan dunia

Benua Asia memiliki beberapa gunung tertinggi yang menakjubkan. Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di Asia dan dunia. Ketinggian Gunung Everest mencapai 8.849 meter, menurut National Geographic. Letaknya berada di antara Nepal dan Tibet, wilayah otonomi Cina. Nama gunung ini berasal dari nama mantan Surveyor Jenderal India, George Everest.

Selain Gunung Everest, terdapat sejumlah gunung tertinggi lainnya yang terletak di Asia. Berikut daftar gunung tertinggi di Asia.

Advertisement

1. Gunung Everest

Gunung Everest merupakan puncak tertinggi di pegunungan Himalaya. Gunung ini terletak di antara Nepal dan Tibet, sebuah wilayah otonomi Cina. Nama puncaknya berasal dari nama surveyor Inggris, Kolonel Sir George Everest pada tahun 1856.

Melansir The Guardian, sebelumnya Gunung Everest dikenal dengan nama Chomolungma oleh orang Tibet dan Sagarmatha oleh orang Nepal. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan mencoba mengkalkulasi ketinggian yang tepat dari Gunung Everest. Untuk menyelesaikan masalah ini, Nepal memerintahkan survei baru untuk mengukur ketinggian gunung tertinggi di dunia.

George Everest tergabung dalam kelompok survei tersebut yang dimulai pada tahun 1806. Kemudian ia menjadi pemimpin survei pada tahun 1823. Kemudian pada tahun 1852, seorang ahli matematika bernama Radhanath Sikdar yang bekerja untuk Great Trigonometrical Survey of India mengukur ketinggian Gunung Everest.

Beberapa tahun kemudian, kalkulasinya dikonfirmasi oleh Andrew Waugh, penerus George Everest. Pada tahun 1856, Andrew Waugh mengumumkan bahwa Everest memiliki ketinggian 8.840 meter. Namun, pada tahun 2020, Cina dan Nepal bersama-sama menyatakan ketinggian Gunung Everest menjadi 8.848,86 meter. Pengukuran ini kemudian diterima secara luas.

Ekspedisi besar ke Everest dimulai pada 1920-an, tetapi baru pada tahun 1953 Edmund Hillary dan Tenzing Norgay, anggota ekspedisi yang disponsori oleh Royal Geographical Society dan Alpine Club, mencapai puncaknya pertama kali.

2. K2

K2 adalah gunung tertinggi kedua di Asia dan dunia dengan ketinggian 8.611 meter. Gunung ini merupakan bagian dari Pegunungan Karakoram yang melintasi perbatasan Pakistan dan Cina. Meskipun K2 lebih rendah dari Everest, gunung ini memiliki jalur pendakian yang lebih sulit.

Gunung K2 ditemukan pada tahun 1856 oleh Kol. T.G. Montgomerie dari Survey of India dan diberi nama K2 yang menandakan puncak kedua yang diukur di Pegunungan Karakoram. K2 juga dikenal sebagai Gunung Godwin-Austen atau Chhogori.

Menurut NASA, K2 memiliki tingkat kematian 29%. Sejak 1954, sebanyak 87 pendaki tewas saat mencoba mendakinya. K2 berbahaya karena kurangnya pemandu Sherpa, peralatan, dan rute tetap. Selain itu, cuaca, longsoran salju yang tidak terduga, kecuraman pendakian serta kendala logistik membuat pendakian Gunung K2 semakin sulit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement