5 Gunung Tertinggi di Dunia dengan Biaya Pendakian Fantastis

Berikut urutan gunung tertinggi di dunia dengan biaya pendakian fantastis. Anda harus menyiapkan uang dalam jumlah besar untuk mendakinya.
Image title
17 Desember 2021, 06:49
Ilustrasi gunung tertinggi di dunia
unspalsh.com
Ilustrasi gunung tertinggi di dunia

Indonesia dianugerahi dengan deretan gunung tinggi nan mempesona. Sebut saja seperti Gunung Semeru, kecantikan serta panorama alamnya akan membuat mata para pendaki terpana.

Namun, pernahkah Anda membayangkan untuk mendaki gunung tertinggi di Dunia? Seperti Gunung Everest misalnya? Jika Anda tertarik mencobanya, maka bersiaplah merogoh kocek cukup dalam lantaran harganya yang tak biasa.

Mendaki gunung tertinggi di dunia akan menjadi pengalaman luar biasa bagi Anda. Sebab, tidak semua orang bisa menaklukan puncak-puncak tertinggi di dunia itu. Selain biaya, kesiapan fisik dan juga mental sangat berpengaruh besar terhadap kesuksesan menaklukan gunung tersebut. Ketinggiannya juga melebihi 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Perlu diketahui, gunung tertinggi di dunia seperti puncak Everest memiliki karakteristik yang sulit ditaklukan pendaki. Suhu udara dingin dan trekking pendakiannya yang berbahaya sering merenggut nyawa para pendaki. Ditambah lagi, saat berada di puncaknya, Anda bisa saja kehabisan napas karena kadar oksigen yang cukup rendah.

Advertisement

Meskipun begitu, semua hal berbahaya itu tidak menyurutkan antusiasme para pendaki dari belahan dunia untuk menaklukan puncak Everest. Jika berhasil mencapai puncak tertinggi, rasa bangga dan haru akan dirasakan oleh pendaki tersebut.

Apabila Anda penasaran dengan biaya pendakian ke Gunung Everest dan ingin mencoba melakukannya, maka simak artikel ini hingga tuntas. Dilansir dari Outforia dan Euro News, berikut deretan gunung tertinggi di dunia dengan biaya pendakian paling mahal:

5 Gunung Tertinggi di Dunia dengan Biaya Pendakian Termahal

1. Gunung Everest, Nepal (8.848 mdpl)

Puncak Everest merupakan titik tertinggi di planet Bumi. Anda mungkin pernah melihat suasana puncak tertinggi di dunia ini lewat film petualangan. Kalau benar, sebaiknya Anda jangan sampai terkecoh. Sebab, untuk melakukan pendakiannya saja memerlukan biaya besar. Apalagi jika itu adalah pembuatan film.

Meski begitu, Anda masih bisa menyaksikan keindahan puncak Everest dari foto-foto yang ada di internet. Pada umumnya para pendaki yang sudah menaklukan gunung tertinggi di dunia ini, akan mengabadikan kecantikan panorama Everest dengan jepretan kamera.

Untuk biaya pendakian ke Gunung Everest Anda mesti menabung dalam kurun waktu cukup lama. selain itu Anda harus melatih fisik serta menyiapkan peralatan pendakian yang mumpuni. Ini agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan pendakian.

Biaya pendakian ke Gunung Everest:

Bila mengacu pada mata uang Euro, maka biaya pendakian ke Gunung Everest diperkirakan mencapai € 70.921 atau kurang lebih Rp 1,2 miliar. Besaran tarif ini berlaku jika Anda berangkat dari Eropa. Sedangkan jika Anda berangka dari Indonesia maka biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar lagi.

2. Gunung Vinson, Antartika (4.892 Mdpl)

Terletak di benua yang tidak berpenghuni yaitu Antartika, nama Gunung Vinson mungkin sangat asing di telinga Anda. Selain letaknya yang sangat jauh, biaya untuk mendaki gunung tersebut begitu fantastis.

Hal ini sangat wajar mengingat akses yang harus dilalui adalah jalur laut dan udara. Belum lagi, Anda harus menyiapkan sejumlah peralatan pendakian dan bahan makanan yang cukup. Sebab, di benua itu hanya dihuni oleh hewan seperti beruang kutub, anjing laut, sampai pinguin.  

Biaya pendakian ke Gunung Vinson:

Gunung Vinson menjadi gunung tertinggi di dunia yang biaya pendakiannya berada di bawah Gunung Everest. Anda harus menyiapkan uang senilai € 39.317 atau sekitar Rp 676,7 juta untuk melakoni perjalanan menaklukan puncak gunung tersebut. Harga ini jauh lebih rendah dibandingkan puncak tertinggi di pegunungan Himalaya.

3. Gunung Cho Oyu, Tibet (8.188 mdpl)

Gunung Cho Oyu terletak di gugusan pegunungan Himalaya, Tibet. Dengan ketinggian 8.188 mdpl, menjadikan puncaknya sebagai salah satu gunung tertinggi di dunia.

Gunung ini sangat mudah didaki ketimbang puncak gunung lainnya dengan ketinggian 8.000 mdpl. Meski jalurnya berkontur landai, pendakian gunung ini akan menjadi sulit jika segala perlengkapan pendakian tidak dipersiapkan secara matang.

Biaya pendakian ke Gunung Cho Oyu:

Biaya pendakian salah satu gunung tertinggi di dunia ini cukup mahal. Diperkirakan Anda harus menyediakan uang sebesar € 28.420 atau sekitar Rp 489 juta untuk melakukan pendakian di gunung tersebut.

4. Puncak Jaya, Indonesia (4.884 mdpl)

Di urutan keempat, ada gunung tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Jaya. Puncak ini dikenal juga dengan nama Puncak Carstensz dengan ketinggian sekitar 4.884 mdpl. Puncak Cartenz terletak di Gunung Jaya Wijaya, Papua. Di atasnya terdapat salju abadi yang menjadi daya tarik bagi pendaki.

Puncak juga terkenal dengan trek pendakian yang mematikan. Harus ada persiapan dan juga pengalaman untuk mendaki gunung ini. Dengan demikian Puncak Jaya tidak disarankan bagi pendaki pemula.

Rincian biaya pendakian ke Puncak Jaya:

Tidak hanya memiliki jalur pendakian yang berbahaya, biaya pendakian ke Puncak Jaya terbilang sangat mahal. Diperkirakan untuk satu kali pendakian uang yang mesti dikeluarkan hampir mendekati Rp 400 juta.

5. Gunung Denali, Amerika Serikat (6.190 mdpl)

Gunung Denali yang terletak di Amerika Serikat ini, merupakan gunung tertinggi di benua Amerika Utara. Di atasnya terdapat puncak bersalju dan menjadi daya tarik utama untuk menarik perhatian para pendaki.

Rincian biaya pendakian ke Gunung Denali:

Meski terlihat indah, salah satu gunung tertinggi di dunia ini menempati urutan kelima sebagai gunung paling mahal biaya pendakianya. Untuk melakukan perjalanan pendakian ke gunung ini, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar hampir Rp 170 juta.

Itulah 5 gunung tertinggi di dunia dengan biaya pendakian fantastis. Jika Anda tertarik untuk mendaki dan menaklukan gunung-gunung tersebut, maka sebaiknya persiapkan dana sampai ketahanan fisik secara matang. Sehingga petualangan Anda ketika mengunjunginya akan berjalan aman.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait