10 Sungai Terpanjang di Dunia dan Fakta Uniknya

Image title
14 Juni 2022, 10:50
Ilustrasi, foto udara Sungai Nil di Afrika, sungai terpanjang di dunia
Unsplash/USGS
Ilustrasi, foto udara Sungai Nil di Afrika, sungai terpanjang di dunia

Sungai merupakan aliran air alami, biasanya mengandung air tawar dan mengalir menuju samudra, laut, danau, atau sungai lainnya. Sungai dapat ditemukan di setiap benua dan hampir setiap jenis daratan.

Sebuah sungai terbentuk dari air yang bergerak dari ketinggian menuju dataran yang lebih rendah karena gravitasi. Panjang suatu sungai ditentukan oleh hulu dan muara. Panjang sungai dapat diukur pada peta atau dari foto udara. Melansir ScienceDirect.com, pada peta skala besar, sungai diukur sepanjang sumbu geometris atau garis kedalaman maksimum.

Advertisement

Sungai Terpanjang di Dunia

Berikut daftar nama sungai terpanjang di dunia dan fakta uniknya.

1. Sungai Nil

Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 6.695 kilometer menurut Guinness World Records. Sungai Nil mengalir dari selatan ke utara melalui Afrika timur. Hulunya bermula dari sungai yang mengalir ke Danau Victoria yang terletak di Uganda, Tanzania, dan Kenya, kemudian bermuara di Laut Mediterania.

Melansir History, Sungai Nil berperan penting dalam menyediakan masyarakat Mesir kuno dengan tanah dan air yang subur untuk irigasi, serta sarana pengangkutan bahan untuk proyek bangunan. Di era modern, Sungai Nil berfungsi sebagai sumber air yang vital bagi kota-kota di sekitarnya. Sungai digunakan sebagai sumber irigasi, serta jalur transportasi dan perdagangan yang penting.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon di Amerika Selatan merupakan sungai terpanjang kedua di dunia dengan panjang 6.400 km. Sungai ini berasal dari Pegunungan Andes di Peru dan mengalir melalui Ekuador, Kolombia, Venezuela, Bolivia, dan Brasil, kemudian bermuara di Samudra Atlantik.

Sungai Amazon berfungsi sebagai sumber air untuk pertanian, transportasi, dan makanan. Selain itu, Sungai Amazon merupakan habitat penting bagi beragam spesies, termasuk lebih dari 2.500 spesies ikan dan lumba-lumba sungai, menurut Amazonaid.org.

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze, Yangzi, atau secara resmi Chang Jiang adalah sungai terpanjang di Asia dan terpanjang ketiga di dunia. Panjangnya kira-kira 6.300 kilometer dan hulunya berasal dari Dataran Tinggi Tibet lalu bermuara di Laut Cina Timur dekat Shanghai.

Sungai Yangtze memainkan peran penting dalam sejarah, budaya, dan ekonomi Tiongkok. Selama ribuan tahun, sungai ini digunakan untuk sumber air, irigasi, sanitasi, transportasi, industri, penandaan batas, dan perang.

4. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi adalah sungai terpanjang keempat di dunia yang terletak di Amerika Utara. Panjangnya 6.274 km dan mengalir menuju Teluk Meksiko. Sungai Mississippi mengalir melalui 10 negara bagian AS, dari Minnesota hingga Louisiana, dan digunakan untuk menentukan perbatasan negara bagian ini.

Sungai Mississippi terkenal karena peran pentingnya dalam industrialisasi AS. Sungai ini merupakan sumber vital untuk energi hidroelektrik, menyediakan air minum, dan menjadi habitat dari berbagai spesies ikan yang penting secara ekologis dan komersial.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement