7 Sungai Terpanjang di Dunia, Habitat Anakonda dan Alligator

Image title
7 Oktober 2021, 15:37
Sungai Amazon sebagai salah satu sungai terpanjang di dunia
Unsplash
Sungai Amazon sebagai salah satu sungai terpanjang di dunia

Sungai adalah aliran air alami, biasanya air tawar, mengalir menuju samudra, laut, danau, atau sungai lainnya yang merupakan bagian dari siklus hidrologi.

Air sungai umumnya terkumpul dari pengendapan melalui cekungan drainase dari limpasan permukaan dan sumber lain seperti pengisian ulang air tanah, mata air, dan pelepasan air yang tersimpan dalam es alami dan tumpukan salju (misalnya, dari gletser).

Tak jarang, sungai ini menjadi sumber kehidupan masyarakat yang menempati daerah aliran sungai (DAS). Ada banyak sungai di bumi yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia. Bahkan melewati berbagai negara dan berperan penting bagi banyak industri.

Menghimpun dari berbagai sumber, berikut 7 sungai terpanjang di dunia:

1. Sungai Nil, Afrika Timur

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia yang terletak di Mesir. Sungai sepanjang 6.693 kilometer ini melewati 11 negara, yakni Mesir, Uganda, Ethiopia, Kenya, Tanzania, Rwanda, Republik Demokratik Kongo, Eritrea, Burundi, Sudan, dan Sudan Selatan. Alirannya menjadi sumber air utama bagi dua negara, yaitu Sudan dan Mesir.

Sungai terpanjang di dunia ini memiliki saluran pembuangan air seluas lebih dari 3 juta kilometer ini mengalir deras dari Danau Victoria sebagai sumber air utama, menuju Gurun Sahara dan bermuara di Laut Mediterania.

Sungai Nil memiliki 2 cabang utama, yaitu Nil Biru dan Bil Putih. Nil putih merupakan anak sungai yang karena di dalamnya ada kandungan sedimen tanah liat, sehingga warnanya sedikit putih ke abu-abuan.

Sementara Nil Biru anak sungai yang berasal dari di Ethiopia disebut Sungai Nil Biru. Sungai Nil Biru tidak mengandung sedimen tanah liat, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai sumber air. Dua anak sungai ini bertemu di Khartoum, Sudan, kemudian mengalir ke utara melewati Mesir sampai ke laut Mediterania.

Sungai Nil memiliki kisah yang sangat mendunia karena menjadi saksi sejarah sejak zaman peradaban Mesir Kuno. Sekitar 5000 tahun lalu, orang Mesir Kuno sangat bergantung pada Sungai Nil.

Sungai Nil bukan hanya menyediakan air bersih, namun juga sumber makanan dan transportasi. Keberadaan Sungai Nil juga membuat wilayah sekitarnya menjadi tanah yang subur untuk lahan pertanian.

Di sungai ini, terdapat beberapa satwa liar khas seperti buaya sungai nil atau Crocodylus niloticus merupakan reptil terbesar kedua di dunia. Buaya Sungai Nil memiliki ekor yang panjang dan kuat, rahang yang besar dan kuat, serta kaki belakangnya berselaput.

Hewan itu juga sangat mahir menangkap mangsa karena ia berenang dengan tenang sambil menyembunyikan tubuhnya di air. Ciri-ciri buaya nil terlihat dari kulitnya yang berwarna abu-abu kehijauan dan perutnya yang berwarna kuning. Buaya Sungai Nil ini panjangnya bisa mencapai enam meter dan beratnya bisa mencapai 748 kilogram.

2. Sungai Amazon, Amerika Selatan

Di posisi kedua sungai terpanjang di dunia diduduki oleh Sungai Amazon dengan panjang 6.436 kilometer. Aliran sungai ini melewati pedalaman di hutan Peru serta melintasi Brazil hingga ke Samudera Atlantik.

Sungai Amazon diberi nama oleh seorang tentara Spanyol yang bernama Francisco de Orellana pada tahun 1541. Menurut beberapa penelitian sungai Amazon terletak di dataran tinggi dekat dengan pegunungan Andes dan bermula dari beberapa sungai yang berada di Peru.

Sungai yang membentang mulai dari jantung hutan Amazon sampai ke kaki pegunungan Andes ini membuat lembah sungai Amazon menjadi sungai terbesar di dunia. Sungai ini juga melewati sejumlah wilayah seperti Ekuador, Kolombia, Venezuela, Brazil dan berakhir keluar melewati pantai di Atlantik.

Francisco de Orellana termasuk orang yang pertama kali menjelajahi sungai Amazon. Kawasan sungai ini termasuk dalam kawasan yang berbahaya, karena ditemukan habitat dari satwa mengerikan yang sulit ditemui di daerah lain.

Keadaan iklim dari sungai Amazon dan hutan Amazon memang cocok untuk menjadi rumah bagi satwa liar yang unik, sehingga tak heran bahwa di sungai ini hidup beberapa spesies fauna paling berbahaya di dunia seperti ikan piranha, anakonda, dan ikan vampir.

Debit air salah satu sungai terpanjang di Dunia ini berasal dari pegunungan Andes di Peru, yaitu berasal dari tiga sungai Mantaro, sungai Apurimac, dan sungai Maranon. Dengan begitu, debit air sungai Amazon adalah yang terbesar di dunia. Sungai Amazon juga mewakili 20% dari debit sungai global ke laut.

Ketiga sungai tersebut, yaitu sungai Mantaro yang bersumber dari hulu yang lebih jauh, sungai Apurimac yang dilihat tanpa adanya sumber gangguan yang paling jauh. Terakhir, sungai Maranon yang merupakan sumber utama berdasarkan dari jumlah volume airnya.

Amazon memiliki beberapa muara, yang melebar ke arah laut, sehingga titik pasti di mana sungai itu berakhir tidak dapat dipastikan. Jika muara Par (mulut terjauh) dihitung, panjangnya kira-kira 6.750 km (4.195 mil).

3. Sungai Yangtze, Tiongkok

Sungai terpanjang ketiga di dunia sekaligus sungai terpanjang di Asia diduduki oleh Sungai Yangtze dengan panjang 6.378 kilometer.

Sungai ini memiliki peran besar dalam menghidupi masyarakat di Tiongkok dengan menyediakan sumber daya air serta transportasi, karena sungai Yangtze adalah sungai terpanjang yang hanya mengalir sepenuhnya di satu negara saja.

Diketahui bahwa peradaban di sana telah ada sejak 27.000 silam. Banyak budaya Tiongkok yang lahir di tepian sungai ini. Sebut saja budaya Bashu yang ada di Sinchuan, Wuyue di Jiangsu, Zheijiang, dan juga Shanghai. Serta budaya berupa Jinchu di Huabei dan Hunan.

Di sepanjang sungai ini terdapat bendungan hidroelektrik paling besar di dunia, yaitu Bendungan Tiga Ngarai. Bendungan ini berperan sebagai pembangkit listrik, pelayaran, irigasi, akuakultur, dan pariwisata. Dengan adanya fasilitasi sarana di daerah sekitar sungai Yangtze, daerah ini merupakan yang paling makmur dan paling padat penduduknya di Tiongkok.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...