11 Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami

Image title
20 Juni 2022, 09:35
Ilustrasi, sekelompok semut mengerubungi makanan. Beberapa cara mengusir semut yaitu menggunakan cuka putih, bubuk kayu manis, pembersih kaca dan deterjen cair, serta minyak kayu putih.
Unsplash/Amit Talwar
Ilustrasi, sekelompok semut mengerubungi makanan

Banyaknya semut di dalam rumah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Semut biasanya datang ke dalam ruangan untuk mencari makanan atau habitat bersarang. Serangga ini hidup dan bekerja sama dalam tim besar yang disebut koloni yang terdiri dari ratusan atau ribuan semut. Maka dari itu, jika ada beberapa semut, dapat dipastikan akan ada segerombolan lain yang tinggal di sekitarnya.

Menurut National Wildlife Federation, ada lebih dari 12.000 spesies semut di seluruh dunia. Mereka hidup hampir di mana-mana kecuali Antartika, Arktik, dan sejumlah kecil pulau. Semut yang ditemukan di kebun atau berwarna hitam tidak akan menggigit dan tidak membawa penyakit. Namun, banyak spesies semut yang dapat membawa bakteri, sehingga berpotensi menularkan penyakit atau infeksi.

Permasalahan semut dalam rumah dapat dibasmi dengan beberapa cara. Berikut cara mengusir semut yang dapat dicoba.

1. Cuka putih

Cuka putih dapat mengusir semut dengan efektif. Bahan ini mudah dan murah serta merupakan agen pembersih alami. Jika ada semut merah di rumah, campur cuka dan air dengan perbandingan 1:1 dan semprotkan ke semua titik masuk yang memungkinkan. Campuran ini juga dapat langsung disemprotkan. Cara ini efektif untuk menghancurkan sarang semut.

2. Kayu manis

Studi tahun 2005 di jurnal Bioresource Technology menemukan bahwa senyawa dalam kayu manis efektif membunuh dan mengusir semut, termasuk semut merah. Taburkan bubuk kayu manis langsung di atas semut atau semprotkan minyak kayu manis dan air ke sarang semut untuk mencegah semut merah masuk ke dalam rumah.

3. Bubuk cabai rawit atau lada hitam

Cabai rawit maupun lada hitam dapat mengusir semut. Serangga ini membenci kedua bahan tersebut. Temukan sumber semut, taburkan merica di sekitar area tersebut dan jika memungkinkan, buat dinding yang dapat mencegah semut masuk ke dalam rumah.

4. Pembersih kaca dan deterjen cair

Semut meninggalkan jejak feromon beraroma sebagai peta ketika mereka berjalan. Penggunaan pembersih kaca dan deterjen cair dapat menghilangkan bau dan mencegah semut masuk kembali ke rumah.

Berikut cara melakukannya:

  1. Campurkan semprotan pembersih kaca dengan deterjen cair (sabun cuci piring) ke dalam botol semprot yang bersih.
  2. Semprotkan campuran tersebut ke area di mana semut tampaknya masuk atau berkumpul di sekitarnya.
  3. Setelah penyemprotan, bersihkan area.
  4. Ulangi langkah-langkah di atas sesering yang diperlukan.

5. Lemon

Gunakan campuran lemon dan air dengan perbandingan 3:1. Semprotkan campuran pada semut, titik masuknya, dan sarang semut setiap kali ada semut merah di dalam rumah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...