10 Cara Mengusir Semut di Rumah Tanpa Bahan Kimia

Semut yang bersarang di dalam rumah kerap meresahkan para penghuninya. Ada banyak faktor yang menyebabkan semut bermigrasi ke dalam rumah, namun juga ada beberapa cara mengusir semut tanpa bahan kimia
Image title
29 Oktober 2021, 14:50
Cara Mengusir Semut
Unsplash
Cara mengusir semut

Di mana ada gula, di situ ada semut. Begitulah kata pepatah. Namun kehadiran semut kadang tidak melulu karena gula. Untuk itu, ada banyak cara mengusir semut mengacu pada sumber penyebabnya.

Penyebab Semut Bersarang di Rumah

Semut dapat bersarang di dalam rumah karena berbagai hal. Banyaknya semut di dalam rumah dapat mengganggu dan cukup meresahkan bagi penghuni rumah. Ada beberapa penyebab semut bersarang.

1. Rumah kurang bersih

Anda mungkin sudah menganggap rumah cukup bersih, namun beberapa jenis kotoran kecil dapat mengundang semut datang. Sisa makanan tumpah yang tidak dibersihkan dan bungkusan sisa makanan dibiarkan tanpa dibuang ke dalam tong sampah, sebenarnya bisa mengundang semut datang bersarang.

2. Bangkai cicak

Pernah nampak cicak mati dan semut mengerubung bangkainya? Jika Anda memelihara kucing, biasanya kucing akan menangkap cicak yang menempel pada dinding rumah.

Selepas ditangkap, kucing akan bermain dengannya dan setelah bosan hanya meninggalkan cicak begitu saja. Bangkai cicak ini harus segera dibersihkan, atau akan membuat semut mengerubunginya dan bersarang di rumah Anda.

3. Cuaca terlalu panas

Keadaan di mana cuaca terlalu panas sering menjadikan semut mencari tempat yang sejuk. Sudut-sudut rumah merupakan tempat alternatif semut untuk berlindung dari cuaca panas.

4. Lantai rumah yang berlubang

Lantai rumah yang mulai berlubang dan retak karena usia sering menjadi sasaran semut untuk dijadikan sarang. Jika lantai rumah menggunakan semen biasa, cobalah untuk menggantinya dengan keramik.

Dengan demikian, rumah Anda akan terlihat bersih, tidak berlubang dan dijamin selamat dari semut.

5. Dinding retak

Selain lantai, dinding yang retak juga dapat menjadi tempat semut untuk berkembang biak, terlebih pada dinding yang lembap. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, ini bisa menyebabkan dinding rapuh.

6. Hujan lebat

Selain cuaca panas, semut juga akan bermigrasi saat hujan lebat. Mereka akan mencari kawasan yang tidak lembab dan basah karena hujan. Semut akan mulai pindah ke rumah kita dan membuat sarang.

Cara Mengusir Semut
Cara Mengusir Semut (Unsplash)

Cara Mengusir Semut

Setelah mengetahui penyebab datangnya semut, berikut beberapa cara mengusir semut dari rumah Anda.

1. Bubuk merica

Cara mengusir semut dengan bahan alami yang pertama bisa menggunakan bubuk merica. Semut tidak menyukai aroma yang muncul dari merica. Caranya, bisa dengan menaburkan bubuk merica di sudut-sudut atau area yang sering didatangi semut. Cara lainnya adalah mencampurkan satu sendok bubuk merica dengan satu cangkir air panas.

Kemudian semprotkan campuran tersebut ke tempat yang dilalui dan ditempati semut. Ramuan ini akan menyingkirkan masalah semut untuk selamanya.

2. Cuka

Selain bubuk merica, Anda juga bisa menggunakan cuka untuk mengusir semut. Caranya, dengan menggunakan cuka murni atau campuran cuka dan air dengan perbandingan 50:50. Cairan cuka bisa digunakan untuk mengelap meja makan dan meja dapur, atau digunakan untuk mengepel seluruh ruangan rumah.

Meski manusia tak bisa membaui cairan cuka yang sudah mengering di lantai, namun semut masih bisa membaui dengan sempurna. Semut sangat membenci bau menyengat dari cuka yang ada.

3. Bubuk kopi

Kopi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Selain untuk diminum, kopi bisa digunakan sebagai bahan pengusir semut. Caranya adalah menggunakan bubuk kopi. Cukup taburkan sedikit bubuk kopi ke tempat yang biasa dipenuhi semut.

Dengan cara ini semut akan menjauh karena mereka tidak menyukai bubuk kopi. Namun karena aroma kopi bisa hilang dari waktu ke waktu, Anda harus rutin menggantinya dengan biji kopi yang baru agar semut tetap tak berani menjejakkan kakinya di meja makan.

4. Air lemon

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengusir semut adalah air perasan lemon. Caranya dengan mencampurkan perasan lemon dengan satu sendok makan garam ke dalam wadah, lalu kocok campurannya.

Selanjutnya, cukup semprotkan air perasan lemon di area yang didominasi atau dihinggapi semut. Trik kecil ini akan menyingkirkan masalah untuk selamanya.

5. Air mendidih

Cara yang satu ini lebih ke mencegah semut agar tidak muncul kembali. Pertama, ketika Anda melihat ada lubang sarang semut, segera didihkan air. Kemudian ketika air masih dalam keadaan panas segera siramkan ke dalam lubang semut atau lubang tempat munculnya semut.

Langkah ini akan membunuh koloni semut yang berjumlah ratusan hingga ribuan di dalam tanah.

6. Tepung terigu

Anda dapat mencoba menggunakan tepung terigu sebagai alternatif alami lain untuk membasmi semut di rumah. Caranya, taburkan segenggam tepung terigu di lokasi Anda tempat semut keluar masuk (sarang semut) ataupun rak makanan manis. Meskipun tidak memusnahkan semut secara langsung, tetapi teknik ini membuat semut tidak dapat melewati batasan tepung yang sudah Anda taburkan.

7. Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis atau cinnamon powder merupakan salah satu rempah yang ada di deretan bumbu dapur. Namun, siapa sangka bahan alami ini dapat digunakan untuk mengusir semut. Caranya, hampir mirip dengan bahan-bahan pengusir semut lainnya, yakni dengan menaburkan bubuk kayu manis pada area yang sering dilewati oleh semut.

Jika Anda tidak ingin lokasi rumah menjadi berantakan dengan bubuk yang bertebaran di lantai, maka Anda dapat mencoba menggunakan minyak esensial kayu manis. Teksturnya yang cair membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan.

8. Lemon

Jika Anda tidak ingin menggunakan bahan kimia, Anda sebetulnya dapat mencoba mengusir semut dengan buah lemon. Pertama, Anda dapat mulai menyemprotkan perasan sari lemon pada lokasi yang paling berpotensi dijumpai semut, seperti pada ambang pintu, kusen jendela dapur, lubang retakan tembok, dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kulit buah lemon dengan memotongnya dalam ukuran kecil dan letakkan pada area pintu masuk dapur. Dengan teknik ini, dijamin semut tidak akan berani masuk mendekati dapur karena bau khas dari lemon yang menyengat dan dibenci semut. Tidak hanya dapat mengusir semut, lemon juga ampuh mengusir kecoa di rumah.

9. Garam

Cara berikutnya mengusir semut adalah memakai garam. Anda hanya perlu menaburkan garam pada area pinggir dapur dan teras rumah. Alhasil, gundukan garam ini akan menjebak semut, sehingga mereka tidak bisa memiliki akses keluar masuk dari sarangnya.

10. Tea tree oil

Cara yang satu ini dijamin akan membuat semut tidak berani dan enggan untuk menjejakkan kakinya di dapur. Anda hanya perlu mencampurkan 10-15 tetes minyak dengan segelas air. Kemudian, Anda bisa menggunakan bola kapas ataupun spray khusus pada sudut-sudut yang sering menjadi jalan semut.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait