10 Cara Mengusir Semut di Rumah Tanpa Bahan Kimia

Image title
29 Oktober 2021, 14:50
Cara Mengusir Semut
Unsplash
Cara mengusir semut

Di mana ada gula, di situ ada semut. Begitulah kata pepatah. Namun kehadiran semut kadang tidak melulu karena gula. Untuk itu, ada banyak cara mengusir semut mengacu pada sumber penyebabnya.

Penyebab Semut Bersarang di Rumah

Semut dapat bersarang di dalam rumah karena berbagai hal. Banyaknya semut di dalam rumah dapat mengganggu dan cukup meresahkan bagi penghuni rumah. Ada beberapa penyebab semut bersarang.

1. Rumah kurang bersih

Anda mungkin sudah menganggap rumah cukup bersih, namun beberapa jenis kotoran kecil dapat mengundang semut datang. Sisa makanan tumpah yang tidak dibersihkan dan bungkusan sisa makanan dibiarkan tanpa dibuang ke dalam tong sampah, sebenarnya bisa mengundang semut datang bersarang.

2. Bangkai cicak

Pernah nampak cicak mati dan semut mengerubung bangkainya? Jika Anda memelihara kucing, biasanya kucing akan menangkap cicak yang menempel pada dinding rumah.

Selepas ditangkap, kucing akan bermain dengannya dan setelah bosan hanya meninggalkan cicak begitu saja. Bangkai cicak ini harus segera dibersihkan, atau akan membuat semut mengerubunginya dan bersarang di rumah Anda.

3. Cuaca terlalu panas

Keadaan di mana cuaca terlalu panas sering menjadikan semut mencari tempat yang sejuk. Sudut-sudut rumah merupakan tempat alternatif semut untuk berlindung dari cuaca panas.

4. Lantai rumah yang berlubang

Lantai rumah yang mulai berlubang dan retak karena usia sering menjadi sasaran semut untuk dijadikan sarang. Jika lantai rumah menggunakan semen biasa, cobalah untuk menggantinya dengan keramik.

Dengan demikian, rumah Anda akan terlihat bersih, tidak berlubang dan dijamin selamat dari semut.

5. Dinding retak

Selain lantai, dinding yang retak juga dapat menjadi tempat semut untuk berkembang biak, terlebih pada dinding yang lembap. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, ini bisa menyebabkan dinding rapuh.

6. Hujan lebat

Selain cuaca panas, semut juga akan bermigrasi saat hujan lebat. Mereka akan mencari kawasan yang tidak lembab dan basah karena hujan. Semut akan mulai pindah ke rumah kita dan membuat sarang.

Cara Mengusir Semut
Cara Mengusir Semut (Unsplash)

Cara Mengusir Semut

Setelah mengetahui penyebab datangnya semut, berikut beberapa cara mengusir semut dari rumah Anda.

1. Bubuk merica

Cara mengusir semut dengan bahan alami yang pertama bisa menggunakan bubuk merica. Semut tidak menyukai aroma yang muncul dari merica. Caranya, bisa dengan menaburkan bubuk merica di sudut-sudut atau area yang sering didatangi semut. Cara lainnya adalah mencampurkan satu sendok bubuk merica dengan satu cangkir air panas.

Kemudian semprotkan campuran tersebut ke tempat yang dilalui dan ditempati semut. Ramuan ini akan menyingkirkan masalah semut untuk selamanya.

2. Cuka

Selain bubuk merica, Anda juga bisa menggunakan cuka untuk mengusir semut. Caranya, dengan menggunakan cuka murni atau campuran cuka dan air dengan perbandingan 50:50. Cairan cuka bisa digunakan untuk mengelap meja makan dan meja dapur, atau digunakan untuk mengepel seluruh ruangan rumah.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...