Konsisten Dorong Inovasi Digital, Bank Mandiri Raih Banyak Penghargaan
Bank Mandiri menyabet penghargaan bergengsi dari Alpha South East Asia dalam ajang Best FI Awards 2022, salah satunya sebagai Best Cast Management Bank in Indonesia. Ini merupakan award yang ke-11 kali didapatkan perseroan dalam waktu 16 tahun terakhir.
Bank Mandiri secara aktif memang terus mendorong transformasi digital sebagai salah satu poros utama pertumbuhan bisnis. Upaya ini telah berhasil membawa layanan perbankan yang dimiliki persroan sebagai salah satu yang terbaik di industri.
SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso mengatakan, dalam satu tahun terakhir pihaknya terus mengembangkan potensi bisnis melalui digitalisasi. Untuk bisnis wholesale, imbuhnya, perusahaan meluncurkan Kopra by Mandiri yang mengintegrasikan seluruh layanan wholesale untuk mempermudah dan mempercepat kebutuhan nasabah.
“Penghargaan ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Bank Mandiri, serta menjadi penyemangat bagi kami untuk terus memberikan layanan terbaik bagi seluruh nasabah dan masyarakat,” ujarnya, di Jakarta, Kamis (8/9/2022).
Lebih jauh Josephus menjelaskan, Kopra by Mandiri merupakan layanan digital single access yang menjadi pusat aktivitas dan transaksi finansial bagi ekosistem bisnis di segmen wholesale, beserta value chain-nya secara end to end.
Melalui platform wholesale digital Bank Mandiri, nasabah wholesale juga dapat mengakses digital portal eksisting, seperti Mandiri Cash Management (MCM) 2.0, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account serta Online Custody.
Kopra by Mandiri juga terbagi menjadi tiga varian layanan yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host dan Kopra Partnership.
Layanan digital single access tersebut berperan besar dalam meningkatkan transaksi wholesale. Tercatat, jumlah transaksi wholesale Bank Mandiri per semester I 2022 tumbuh 72 persen secara year on year (yoy), atau menembus 326 juta transaksi.
Kopra by Mandiri selaku platform digital wholesale andalan perseroan juga mampu mengukir peningkatan pengguna sebesar 137 persen dari 23 ribu pada akhir 2021, menjadi 55 ribu per akhir Juni 2022.
“Seluruh layanan digital Bank Mandiri secara spesifik didesain untuk melengkapi kebutuhan nasabah dari hulu ke hilir. Mulai dari nasabah ritel atau perorangan hingga wholesale dan pelaku usaha,” ujar Josephus.
Selain itu, Bank Mandiri juga berhasil memboyong penghargaan lain, yaitu Best Wealth Management Bank in Indonesia yang ke-13 kali dalam 16 tahun terakhir, serta Best Retail Bank in Indonesia dalam 16th Asia Best Award 2022 oleh Annual Alpha South East Asia.
Bank berkode emiten BMRI itu juga menyabet tiga penghargaan bergengsi sekaligus dalam ajang 13th Treasury FX & FX Award 2022, a.l. Best FX Bank for Interest Rates, FX Research & Market Coverage, dan Best Emerging Asia Currency Forecasters.
Bank Mandiri juga kembali memperoleh penghargaan sebagai Best FX Bank for Corporate & FI’s yang sudah diperoleh selama 12 kali berturut-turut.
Josephus mengimbuhkan, transformasi digital memang menjadi kunci pertumbuhan bisnis Bank Mandiri. Super App Livin’ by Mandiri untuk nasabah ritel, menurutnya, berhasil menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan transaksi perbankan.
Melalui beragam kemudahan yang dihadirkan Livin’ by Mandiri, aplikasi andalan perseroan ini diunduh lebih dari 15 juta kali sejak diluncurkan pada Oktober 2021. Dan jumlah transaksi Livin’ by Mandiri per Juni 2022 secara year to date mencapai 881 juta transaksi, dengan nilai lebih dari Rp 1.080 triliun, ini setara pertumbuhan hampir dua kali lipat dibandingkan dengan Juni 2021.
“Penghargaan yang ada benar-benar mewakili kerja keras dan konsistensi seluruh awak Bank Mandiri dalam mengejar komitmen untuk memberikan layanan dan produk terbaik bagi nasabah kami,” tutur Josephus.