Bank DBS Indonesia Sabet Penghargaan Atas Inovasi Digital Bank
Di penghujung 2022 ini, Bank DBS Indonesia memperoleh penghargaan di tingkat nasional dan global atas inovasi bank digital dalam layanan dan produk perbankan, performa bisnis, strategi komunikasi, hingga isu keberlanjutan lingkungan.
Inovasi produk digibank by DBS memenangkan tiga penghargaan sekaligus dalam Asian Banking and Finance Retail Banking Awards 2022, yaitu ‘Digital Business Banking Initiative of The Year’, ‘Credit Card Initiative of The Year’, dan ‘Digital Consumer Banking Initiative of The Year’.
Penghargaan ini menyeleksi bank dan perusahaan terkemuka global dengan produk, layanan, dan strategi ritel inovatif yang memberikan dampak positif bagi klien dan industrinya.
Sebagai bank berbasis teknologi, Bank DBS Indonesia tak hanya sebagai bank, tetapi menjadi innovator. Hal ini tercermin dalam agenda Bank DBS Indonesia yang fokus mengembangkan digitalisasi produk dan layanan perbankannya sejak 2017.
Di segmen ritel, aplikasi digibank by DBS diklaim telah menjadi layanan full-fledged sehingga memudahkan nasabah bertransaksi, membuka rekening, kartu kredit digital, hingga Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan persetujuan 60 detik. Nasabah juga dapat bertransaksi menggunakan fitur Bayar Beli, transfer Valas, berinvestasi, dan membeli produk asuransi.
Head of Group Marketing Strategic and Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika menyampaikan, sebuah kehormatan untuk memperoleh pengakuan di bidang teknologi yang memang telah menjadi fokus pengembangan kami beberapa tahun terakhir ini.
"Bank DBS Indonesia menyadari digitalisasi adalah masa depan perbankan, dan pencapaian ini bisa kami raih berkat kerja sama tim yang bersinergi dan memiliki tujuan yang sama,” katanya.
Dalam ajang penghargaan Indonesia Customer Experience Champions 2022, Bank DBS Indonesia memenangkan kategori ‘Best of The Best Customer Experience Team’ atas solusi digitalisasi pelayanan nasabah berbasis sentuhan manusia (human touch) yang diklaim meningkatkan 84% tingkat penyelesaian masalah dan komplain nasabah.
Bank DBS Indonesia secara serius memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan layanan perbankan yang menyenangkan dan menyediakan solusi atas permasalahan nasabah.
Untuk kebutuhan nasabah korporasi, produk dan layanan Bank DBS Indonesia didukung oleh sistem DBS IDEAL RAPID (Real-time API), yaitu solusi digital yang memaksimalkan kemampuan pemrograman, transfer data, dan otomatisasi data di sistem perbankannya.
Kemudian, Bank DBS Indonesia memenangkan HR Excellence Award 2022 dengan kategori ‘Excellent: Managing Transformation’ berkat transformasi lingkungan kerja dengan menerapkan 3W: Future of Work, Workforce, & Workspace yang memungkinkan karyawan bekerja di manapun dan kapanpun secara kolaboratif di lingkungan daring.
Secara internal, Bank DBS Indonesia melakukan berbagai inisiatif untuk menerapkan praktik ramah lingkungan, di antaranya menggunakan teknologi dan digitalisasi untuk produk dan layanan nasabah guna mengurangi limbah dan jejak karbon.
Berbagai inisiatif keberlanjutan ini telah menghasilkan beberapa penghargaan, yakni dari CNBC Indonesia sebagai ‘Most Sustainable Bank’ dan Katadata sebagai perusahaan dengan ‘Green Initiative’ 2022.