Agen BRILink Jadi Solusi Nelayan Muara Gembong Akses Layanan Perbankan

Agen BRILink bermanfaat di lokasi yang terkendala kondisi geografis hingga lokasi yang jauh dari pusat kota sehingga membuat masyarakat jadi mengalami keterbatasan.
Uji Sukma Medianti
Oleh Uji Sukma Medianti - Tim Publikasi Katadata
3 Desember 2023, 14:52
Agen BRILink di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.
BRI
Agen BRILink di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Di tengah era serba digital seperti sekarang ini, masih banyak daerah di Indonesia yang belum terjangkau literasi perkembangan teknologi. Untuk itu, Agen BRILink diperlukan untuk menjangkau wilayah-wilayah tersebut.

Faktor kondisi geografis hingga lokasi yang jauh dari pusat kota membuat masyarakat jadi mengalami keterbatasan sehingga tak dapat dipungkiri sebagian besar masyarakat belum tersentuh atau melek literasi digital. 

Misalnya saja soal transaksi keuangan yang akses lokasi bank atau layanan ATM dengan jarak yang masih relatif jauh dari masyarakat di wilayah pelosok.

Kondisi ini juga yang terjadi pada masyarakat di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Wilayah ini terletak di pesisir utara Kabupaten Bekasi, dengan masyarakat yang banyak bergerak di bidang pertanian, hasil laut dan pertambakan. 

Namun, layanan perbankan yang belum merata menjadi kendala dalam kebutuhan transaksi sehari-hari bagi masyarakat di wilayah tersebut. 

Di sinilah Fahrudin Saleh (28) mengambil peluang menjadi AgenBRILink yang memudahkan transaksi keuangan dan layanan perbankan bagi masyarakat sekitar.

Pria yang juga berprofesi sebagai guru SD ini melihat kebutuhan transaksi keuangan yang cepat untuk mendukung kegiatan masyarakat. 

"Di sini masyarakatnya banyak yang nelayan, kalau mereka dapat hasil lautnya dan mereka jual ke pengepul, pengepul itu perlu dana cepat. Nggak mungkin dia ke bank dengan jarak yang relatif jauh. Maka dari itu masyarakat lebih cenderung ke agen keuangan yang lebih dekat dalam hal ini AgenBRILink," jelasnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (3/12).

Dari situ, ia berusaha memanfaatkan peluang dengan menjadi AgenBRILink dengan nama AgenBRILink Ghani. Usahanya sudah berjalan sejak November 2020 dan banyak membantu masyarakat sekitar. 

Jika awalnya mereka menganggap transaksi keuangan hanya bisa di bank atau ATM, ternyata bisa juga di AgenBRILink yang lebih dekat dan mudah.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...