Inovatif Galakkan Literasi Keuangan, BRI dapat Penghargaan dari LPS
BRI mendapatkan apresiasi dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk dua kategori. Pertama, Bank Teraktif dalam Sosialisasi Program Penjaminan Simpanan. Kedua, yaitu Bank Terinovatif dalam Sosialisasi Program Penjaminan Simpanan untuk KBMI (Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti) 4.
Penghargaan tersebut diberikan dalam acara LPS Award 2023, di Jakarta (6/12). LPS Award merupakan ajang apresiasi kepada industri perbankan dan juga insan jurnalis yang turut mendukung dan berperan aktif dalam memajukan industri keuangan, dan meningkatkan literasi keuangan.
Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengutarakan, BRI berkomitmen untuk menjadi bank terdepan di dalam mendorong inklusi dan literasi keuangan di Indonesia.
“Dengan menggunakan Hybrid Bank Business Model, BRI berkomitmen untuk menghadirkan layanan perbankan yang lebih efektif, efisien, dan terintegrasi sesuai journey literasi masyarakat Indonesia,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Minggu (10/12).
Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengungkapkan bahwa LPS Awards merupakan bentuk apresiasi terhadap pelaku industri perbankan dan media.
“Tahun ini, LPS Award diperluas untuk memberikan apresiasi pula kepada rekan-rekan jurnalis yang telah membantu LPS dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran penjaminan simpanan,” ujar Purbaya.
Per September 2023, tercatat jumlah simpanan di BRI mencapai Rp1.290,29 triliun, tumbuh 13,21 persen secara year on year (yoy). Penopang utama DPK BRI tetap bersumber dari dana murah (CASA) dengan porsi mencapai 63,64 persen atau sebesar Rp821,14 triliun. Pertumbuhan tertinggi dicatatkan oleh Giro BRI yang tumbuh sebesar 28,12 persen yoy.
Ke depan, BRI berkomitmen untuk terus memberikan edukasi dan liiterasi kepada masyarakat dengan harapan dengan semakin meningkatkan literasi masyarakat maka akan mendorong perkonomian secara nasional.
“Keberadaan LPS kemudian menjadi sangat penting. Oleh karenanya BRI ke depan berkomitmen untuk terus mensosialisasikan LPS untuk meningkatkan rasa aman dan kepercayaan masyarakat kepada perbankan di Indonesia,” ujar Andrijanto