Pelaku Usaha Merapat, Sirclo Ungkap Tren Belanja Jelang Ramadan 2024

Startup Sirclo beberkan tren belanja selama bulan Ramadan. Data ini diambil dari pola yang berjalan selama Ramadan 2021 hingga 2023.
Muhammad Taufik
Oleh Muhammad Taufik - Tim Publikasi Katadata
21 Februari 2024, 17:24
Sirclo ungkap tren belanja jelang Ramadan
Sirclo
Sirclo ungkap tren belanja jelang Ramadan
Button AI Summarize

Startup Sirclo membeberkan sejumlah temuan menarik terkait tren belanja masyarakat di bulan Ramadan. Temuan ini bisa dijadikan strategi penjualan di lokapasar selama bulan Ramadan.

Pada bulan Ramadan, masyarakat Indonesia umumnya merayakan dengan pendapatan mereka. Survei The Trade Desk menjelaskan sebanyak 67 persen masyarakat Indonesia berencana mengalokasikan setidaknya seperempat tunjangan hari raya (THR) untuk merayakan Ramadan.

Selain itu sebesar 48 persen konsumen menyatakan peningkatan belanja didasari oleh rasa optimis bahwa kondisi ekonomi kian membaik. Hal ini mendorong terjadinya peningkatan daya beli konsumen.

Adapun dalam data internal Sirclo, sepanjang bulan Ramadan 2021 hingga 2023, terdapat pertumbuhan rata-rata angka transaksi belanja online sebesar 62,5 persen. Bahkan jumlah konsumen yang berbelanja online juga ikut meningkat sebesar 36,5 persen.

Chief Operating Officer Sirclo Danang Cahyono menjelaskan, fenomena ini menjelaskan bahwa peningkatan daya beli konsumen sejalan dengan peningkatan minat konsumen berbelanja secara daring.

“Tren ini dapat dimanfaatkan untuk menyusun strategi penjualan yang tepat sasaran pada bulan Ramadan 2024,” ujar dia berdasarkan keterangan tertulis,

Sirclo juga merangkum data-data perilaku belanja konsumen selama bulan Ramadan. Data-data ini dapat dimanfaatkan sebagai cara mengoptimalisasi penjualan di lapak daring. Baik melalui website, marketplace, dan live shopping.

1. Lima kategori produk favorit konsumen di bulan ramadan

Data internal Sirclo menemukan lima kategori teratas yang paling sering diminati oleh konsumen online selama Ramadan 2023. Antara lain beauty & personal care, healthcare, home living, food beverages, dan fashion.

Sirclo juga mencatat masyarakat semakin antusias dengan pertumbuhan ukuran keranjang belanja, khususnya pada kategori fashion yang meningkat sebesar 12 persen.

2. Sahur dan buka puasa: jam emas untuk belanja kebutuhan ramadan

Sirclo turut menemukan tren menarik terkait pola waktu belanja online selama bulan Ramadan 2023. Sebelum periode Ramadan, waktu berbelanja paling populer atau prime time jatuh pada pukul 19.00-20.00 WIB.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...