Usai Setahun Dirilis, Gim Paw Rumble Binaan Telkom Diunduh 2 Juta Kali

Paw Rumble binaan Telkom memiliki basis pengguna di India, Pakistan, dan Indonesia.
Luky Maulana
Oleh Luky Maulana - Tim Publikasi Katadata
6 Maret 2024, 16:18
Gim Paw Rumble binaan Telkom telah diunduh 2 juta kali. Dok/Telkom.
Katadata
Gim Paw Rumble binaan Telkom telah diunduh 2 juta kali. Dok/Telkom.
Button AI Summarize

Kabar baik dari industri gim dalam negeri. Paw Rumble, game karya startup di bawah binaan Indigo, entitas usaha Telkom di bidang kreatif dan digital, resmi membukukan 2 juta unduhan secara global.

Saat ini, Paw Rumble memiliki basis pengguna terbesar di India, Pakistan, dan Indonesia. Tentunya ini menjadi capaian yang membanggakan bagi industri game Indonesia.

Paw Rumble dikembangkan Grinsmile, pengembang lokal asal Surabaya, sekaligus salah satu alumni dari program Indigo Game Startup Incubation. Di bawah bendera Nuon Games, Grinsmile merilis Paw Rumble pada Juli 2023 dengan berkolaborasi bersama Telkomsel sebagai co-publisher.

“Gim Paw Rumble ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi pengembangan industri gim yang luar biasa besar,” kata CEO Nuon Aris Sudewo dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (6/3).

Sebelumnya, Paw Rumble berhasil menyabet penghargaan “Best Mobile Game”pada Indonesia Game Awards dan kategori ‘Best Made in Indonesia’ pada ajang Google Play Best of 2023 lalu.

Menurut Aris, prestasi itu berkat Paw Rumble yang memiliki gameplay inovatif, desain visual yang memikat, serta strategi pemasaran efektif.

Keberhasilan Paw Rumble dapat menjadi inspirasi bagi pengembang gim lokal untuk terus berinovasi, serta menghasilkan karya berkualitas di tingkat internasional. Industri gim lokal pun memiliki prospek untuk mendorong kemajuan ekosistem ekonomi kreatif.

“Kami berkomitmen untuk berinovasi dan terus mencari talenta berbakat di dalam negeri untuk dapat bersaing di antara gim buatan luar negeri,” kata Aris. 

Paw Rumble merupakan game dengan genre arcade-visual. Di dalamnya, terdapat maslot dengan tampilan art style-pixel. Adapun Paw Rumble menawarkan gameplay unik dengan tiga pilihan mode, yakni Overgreed, Bomb, dan Letter. Dengan pilihan gameplay itu, Paw Rumble menghadirkan tantangan yang menghibur, serta menarik perhatian penggemar gim dari berbagai kalangan.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...