Brand Value Meroket, BRI Puncaki Indonesia dan Masuk 323 Besar Dunia

BRI jadi merek No.1 di Indonesia dan naik ke peringkat 323 dunia dalam Brand Finance Global 500 2025. Ini menjadi bukti kekuatan brand dan kepercayaan masyarakat yang terus meningkat.
Septiani Teberlina
Oleh Septiani Teberlina - Tim Publikasi Katadata
21 Maret 2025, 14:39
Direktur Utama BRI, Sunarso
Katadata
Direktur Utama BRI, Sunarso

Ringkasan

  • BRI meraih peringkat pertama di Indonesia dan 323 dunia dalam laporan *Brand Finance Global 500 2025*, menunjukkan peningkatan signifikan dari peringkat sebelumnya. Nilai merek BRI bahkan melampaui beberapa merek global ternama.
  • Riset *Brand Financemenekankan pentingnya pengelolaan merek yang baik untuk menciptakan nilai, diferensiasi, dan loyalitas pelanggan. Riset ini melibatkan survei terhadap lebih dari 175.000 responden di 31 negara.
  • Direktur Utama BRI menyatakan kebanggaannya atas pencapaian ini, yang mencerminkan kepercayaan masyarakat dan komitmen BRI terhadap pertumbuhan berkelanjutan serta inklusi keuangan. BRI akan terus bertransformasi untuk beradaptasi dengan perubahan.
! Ringkasan ini dihasilkan dengan menggunakan AI
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) kembali mencatat pencapaian gemilang dengan meningkatnya nilai merek atau brand value dalam laporan Brand Finance Global 500 2025. Pada laporan tersebut, BRI menjadi yang tertinggi atau berada pada urutan pertama di Indonesia dan menduduki peringkat 323 diantara 500 perusahaan dengan brand value paling berharga di dunia.

Laporan tersebut menyebutkan BRI mengalami peningkatan peringkat secara pesat dari peringkat 446 pada 2024 menjadi posisi 323 di tahun ini. Brand value BRI tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan merek-merek yang mendunia seperti Prudential, Manulife, Credit Agricole, Yahoo! Group, Jeep, Pfizer, Nokia, Prada, dan merek dunia lainnya. Sementara itu, hanya terdapat 2 perusahaan dari Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar tersebut dengan BRI menduduki peringkat tertinggi.

"Riset Brand Finance terus menunjukkan bahwa merek yang dikelola dengan baik menghasilkan value yang terukur, menjadikan diferensiasi bagi perusahaan untuk bersaing di pasar yang kompetitif dan menarik pelanggan setia. Lebih dari itu, merek yang kuat juga mendorong akuisisi talenta, meningkatkan kepercayaan investor dan membangun resiliensi di masa ketidakpastian," tulis Chairman & CEO Brand Finance David Haigh dalam laporannya.

Riset ini dilakukan terhadap lebih dari 175.000 responden di 31 negara yang mengukur kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap merek.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa perseroan sangat bangga dan bersyukur atas pencapaian BRI dalam Brand Finance Global 500 2025, yang mencerminkan kekuatan merek dan kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan BRI.

"Peningkatan brand value BRI dari tahun ke tahun dan merupakan yang terbaik di Indonesia adalah bukti nyata dari komitmen BRI dalam memberikan kinerja finansial terbaik, produk dan layanan terbaik dan disaat bersamaan memperkuat inklusi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat," ujar Sunarso melalui pers rilis, Jumat (21/3).

Sunarso pun menegaskan BRI akan terus bertransformasi agar dapat beradaptasi dengan perubahan zaman. "Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh insan BRI dalam menjalankan strategi bisnis yang berorientasi pada pertumbuhan berkelanjutan, serta dukungan penuh dari para nasabah utamanya pelaku UMKM, pemegang saham, dan seluruh pemangku kepentingan. Kami percaya bahwa merek yang kuat bukan hanya tentang aspek finansial semata, namun juga tentang dampak positif yang diberikan kepada masyarakat," pungkas Sunarso.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...