9 Jenderal Jokowi

Oleh Jeany Hartriani, 23 Januari 2018

Jumlah jenderal itu menyamai periode kedua masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

9 Jenderal Jokowi
Unduh Infografik
Share

Perombakan kabinet pada Rabu (17/1) menambah daftar pensiunan TNI dan Polri di sekitar Presiden Joko Widodo. Ada sembilan purnawirawan yang menempati jabatan menteri, kepala lembaga, hingga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Jumlah jenderal itu menyamai periode kedua masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Dua purnawirawan yang baru bergabung yaitu mantan Panglima TNI, Moeldoko, sebagai Kepala Staf Presiden dan Agum Gumelar sebagai Anggota Wantimpres yang merupakan mantan Pangdam Wirabuana. Adapun yang sudah lebih dulu berada di pemerintahan adalah Luhut Pandjaitan, Ryamizard Ryacudu, Wiranto, Budi Gunawan, Subagyo HS, Yusuf Kartanegara, dan Sidarto Danusubroto.

Meski memasukkan pensiunan TNI ke dalam pemerintahan juga kerap dilakukan para presiden sebelum Jokowi, sejumlah kalangan menilai apa yang dilakukan Jokowi merupakan bagian dari strateginya untuk menghadapi pemilihan presiden tahun depan. Citra dekat dengan TNI dianggap perlu karena pada 2019 Jokowi diperkirakan kembali menghadapi Prabowo Subianto yang memiliki latar belakang militer.