Mainan Mahal Zumi Zola dari Uang “Sogokan”

Oleh Fitria Nurhayati, 3 Oktober 2018

Menurut jaksa, nilai order untuk 16 mainan karakter mencapai S$ 5.600 atau sekitar Rp 54,3 juta.

MAINAN MAHAL ZUMI ZOLA DARI UANG “SOGOKAN”
Unduh Infografik
Share

Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola didakwa menerima gratifikasi senilai lebih dari Rp 40 miliar. Sebagian dari uang gratifikasi tersebut diduga untuk membeli “mainan mahal” berupa action figure dan statue.   

Dalam persidangan, jaksa memperlihatkan daftar 16 statue atau patung mainan pesanan Zumi Zola di XM Studios. Lima yang termahal antara lain Iron Man Hulk Buster, Quicksilver, Cat Woman, Mary Jane Spiderman, dan Darth Maul.

Jaksa juga menyebut nilai order untuk 16 statue itu mencapai S$ 5.600 atau sekitar Rp 54,3 juta (kurs rupiah 2017). Menilik situs XM Studios, harga retail resmi 16 statue lebih mahal ketimbang harga yang diungkapkan jaksa di persidangan. Total nilainya mencapai Rp 178,7 juta.

Selain itu, Asrul Pandapotan Sihotang selaku mantan orang kepercayaan Zumi mengungkapkan, ada pelunasan action figure senilai Rp 111,6 juta sepanjang Juni-Oktober 2017. Ini merupakan pembayaran dari mainan yang dipesan pada 2016.

Dalam persidangan, Zumi mengaku bersalah karena tidak tegas sebagai gubernur untuk menolak permintaan uang ketok palu pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pada perkara ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendakwa Zumi Zola menerima gratifikasi senilai Rp 40,44 miliar dan US$ 177.300 dari para rekanan terkait sejumlah proyek di pemerintahan Provinsi Jambi.