Cerita Heboh Operasi Plastik

Oleh Khuswatun Hasanah, 4 Oktober 2018

Meskipun mahal, operasi plastik kerap menjadi pilihan untuk menunjang penampilan.

Cerita Heboh Operasi Plastik
Unduh Infografik
Share

Pasca terkuaknya kabar bohong tentang penganiayaan yang dialami Ratna Sarumpaet (70), topik mengenai operasi plastik ramai diperbincangkan. Pasalnya, aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) itu memanfaatkan efek lebam dari operasi sedot lemak untuk meniruskan pipi sebagai akibat penganiayaan.

(Baca: Bohongi Prabowo, Ratna Sarumpaet Akui Hoaks soal Penganiayaan)

Di balik kasus itu, operasi plastik memang menjadi primadona bagi sebagian orang untuk memermak kondisi tubuh, khususnya wajah. Selain menjanjikan perbaikan paras, prosedur operasi plastik juga tidak memakan banyak waktu.

Kendati demikian, peminat operasi plastik harus siap merogoh kocek dalam-dalam. Ratna misalnya, menghabiskan Rp 90 juta untuk menghilangkan lemak di pipi kanan dan kirinya. Di beberapa klinik kecantikan, biaya operasi plastik pun beragam.

(Baca: Tim Jokowi-Maruf Desak Prabowo Minta Maaf Soal Hoaks Ratna Sarumpaet)

Biaya termurah mulai dari Rp 9 juta untuk operasi hidung dan Rp 7 juta untuk operasi kelopak mata. Selebihnya, biaya permak tubuh menembus angka puluhan juta rupiah. Selain tidak murah, operasi plastik juga menyisakan rentetan proses pemulihan seperti efek lebam di wajah Ratna. Biasanya bagian yang dioperasi akan pulih sempurna setelah 4-12 bulan.